ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA MENGIDENTIFIKASI TUMBUHAN PAKU (PTERDOPHYTA)

  • Linna Fitriani STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Yunita Wardianti STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: Analisis Kemampuan, Identifikasi Tumbuhan Paku (Pterdophyta)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan mahasiswa mengidentifikasi tumbuhan paku dan mengetahui jenis tumbuhan paku hasil identifikasi. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif, dengan subjek mahasiswa STKIP program Studi Biologi. Penelitian dilakukan pada bulan November 2014. Penelitian ini diawali persiapan instrumen, membawa mahasiswa melakukan pengamatan dan pengambilan spesimen ke lapangan, kegiatan di laboratorium untuk membuat herbarium, dan pengidentifikasian selanjutnya memberikan soal tes kemampuan mengidentifikasi. Observasi dilakukan selama kegiatan mahasiswa berlangsung. Pengolahan data hasil tes dan lembar observasi dengan menghitung jumlah skor dan dikonversikan ke dalam bentuk nilai kemudian menginterpretasi nilai tersebut berdasarkan predikat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa mengidentifikasi tumbuhan paku berdasarkan nilai tes dikategorikan cukup, dan berdasarkan hasil observasi kemampuan mahasiswa mengidentifikasi tumbuhan paku dalam kategori sedang. Hasil identifikasi ada 27 jenis tumbuhan pakuĀ  yang digolongkan ke dalam 16 famili.

References

Amoroso, V.B. 1990. Ten Edible Economic Ferns of Mindanao. The Philippin Journal of Science.
BKSDA. 2004. Rencana Pengelolaan Konservasi Sumber Daya Alam. Sumatera Selatan: Balai Konservasi Sumber Daya Alam Musi Rawas.
Hasairin, A. 2003 Taksonomi Tumbuhan Rendah (Thalophyta dan Kormophyta Berspora). Bahan Ajar Biologi. Medan: FMIPA UNIMED.
Rifai, M. A. 1994. Menyiapkan Diri Mengajar Biologi. Jakarta: Pusat Gramedia.
Rustaman N. Y. 1995. Pengembangan Penalaran melalui Klasifikasi Kategorisasi Seriasi: Sebuah Model Pengajaran Keanekaragaman Tumbuhan Berbiji di LPTK. Depok: Penggalang Taksonomi Tumbuhan Indonesia dan Jurusan Biologi FMIPA Universitas Indonesia.
Rustaman N. Y. 2001. Model Pembelajaran Materi Subyek Biologi untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Konseptual Tingkat Tinggi Mahasiswa Calon Guru Biologi. Laporan Penelitian DIKTI melalui Hibah Bersaing. Bandung: FMIPA IKIP.
Sastrapradja, S. dan J.J. Afriastini. 1979. Kerabat Paku Herbarium. Bogor: Bogoriense.
Semiawan. et. al. 1994. Mengembangkan Proses Berpikir Ilmiah. Jakarta: PT Gramedia.
Stepehen, dkk. 2009. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.
Tjitrosoepomo, G. 1997. Taksonomi Tumbuhan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Winkel, W. S. 1996. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah. Jakarta: PT Grasindo.
Yudianto. 2007. Petunjuk Praktikum Botani. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI.
Published
2014-12-31

Most read articles by the same author(s)