PENERAPAN MODEL PREDICTION, OBSERVATION, EXPLANATION (POE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X1 SMA NEGERI 8 LUBUKLINGGAU TAHUN PELAJARAN 2012/2013

  • Sulistiyono S. STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Fitria Dewiyanti STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: model pembelajaran POE, hasil belajar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang peningkatkan hasil belajar Fisika siswa kelas X1 SMA Negeri 8 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2012/2013 melalui penerapan model pembelajaran POE. Penelitian ini termasuk ke dalam bentuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini sebanyak 27 orang yang merupakan siswa kelas X1 SMA Negeri 8 Lubuklinggau tahun peajaran 2012/2013. Penelitian ini berlangsung dalam tiga siklus pembelajaran. Siklus pertama berlangsung dengan materi kalor dan perubahan suhu dan kegiatan siswa adalah praktikum. Siklus kedua dengan materi kalor dan perubahan wujud dan Siklus ketiga dengan materi perpindahan  kalor. Pembelajaran dititik beratkan kepada hasil belajar fisika siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.  Hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil  nilai kognitif 61,1 atau 62,96% afektif  77,31 dan psikomotorik74,74,  kemudian pada siklus II diperoleh hasil pada ranah kongitif 68,2 atau 70,32% afektif 78,82 dan psikomotorik 81,21 sedangkan untuk siklus III diperoleh hasil  nilai kognitif 71,8 atau 96,47% afektif  81,85 dan psikomotorik 89,55.  Berdasarkan hasil analisa tersebut dan hasil pengamatan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, maka model pembelajaran POE dapat meningkatkan hasil belajar Fisika siswa X1 SMA Negeri 8 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2012/2013.

References

Paul, Suparno. 2007. Model Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Universitas Sananta Darma Pers.
Prasetyo, Zuhdan K. 2004. Kapita Selekta Pembelajaran Fisika. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.
Suparna. 2003. Pengantar Dasar-dasar Kependidikan. Surabaya: Usaha nasional.
Supriyadi. 2006. Kajian Managemen dan Teknologi Pembelajaran IPA Fisika. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Published
2014-06-30