ANALISIS TEKS PIDATO MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA STKIP-PGRI LUBUKLINGGAU
Abstract
Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan teks pidato karangan mahasiswa semester II/C, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia, Kota Lubuklinggau tahun 2015 pada aspek sistematika, kesesuaian isi dengan tujuan, dan penggunaan bahasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini merupakan deskripsi analisis teks pidato yang melingkupi; (1) sistematika teks pidato, (2) kesesuaian isi dengan tujuan pidato, (3) penggunaan bahasa dalam teks pidato, (4) Kriteria teks pidato yang baik dan (5) Kemampuan menulis teks pidato yang baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kesalahan-kesalahan yang terdapat pada hasil tulisan teks pidato mahasiswa semester II/C masih sangat signifikan. Kesalahan yang terdapat dari hasil tulisanĀ mahasiswa semester II/C, secara garis besar melingkupi, sistematika penulisan teks pidato, aspek kebahasaan, tujuan dari pidato dan isi teks pidato yang kurang memperhatikan unsur kebenaran, sehingga kualitas dari isi pidato sangat rendah.
References
Alek, dkk. 2011. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Aksara
Arsjad, Maidar G., dan Mukti, U.S. 1991. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Bormann, Ernest G., dan Bormann, Nancy C. 1989. Retorika: Suatu Pendekatan Terpadu. Jakarta: Erlangga.
Darmastuti, Rini. 2006. Bahasa Indonesia Komunikasi. Yogyakarta: Gava Media.
Djiwandono, Soenardi. 2008. Tes Bahasa. Jakarta: Indeks
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurhadi. 2008. Bagaimana Menulis (Handbook of Writing). Malang: Universitas Negeri Malang.
Rakhmad, Jalaluddin. 2011. Retorika Modern: Suatu Pendekatan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Syamsuddin, dkk. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Rosda
Siregar, Evendhy M. 1990. Teknik Berpidato dan Menguasai Massa. Jakarta: Yayasan Mari Belajar.
Tasai, Amran, dkk. 2010. Cernat Berbahas Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akapress
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.