KECAKAPAN MATEMATIS (MATHEMATICAL PROFICIENCY) SISWA DALAM PEMBELAJARAN OPEN-ENDED DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Bayu Putra Irawan Politeknik Raflesia Curup
Keywords: Pembelajaran Open-Ended, Kecakapan Matematis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kecakapan matematis siswa pada pembelajaran konvensional dengan pembelajaran menggunakan pendekatan Open-Ended. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Subjek penelitian terdiri dua kelas, kelas VII E sebagai kelas kontrol dan VII F sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa lembar tes kecakapan matematis yang terdiri dari tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Kecakapan matematis yang digunakan dalam penelitian ini mencakup 5 indikator, yaitu: Conceptual understanding (pemahaman konsep); Procedural fluency (kelancaran prosedur); Strategic competency (kompetensi strategis); Adaptive reasoning (penalaran adaptif); dan Productive disposition (disposisi produktif). Perbedaan kecakapan matematis siswa dilihat melalui pengujian hipotesis, statistik yang digunakan adalah uji t. Sebelum melakukan pengujian statistik uji t maka terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas varian. Pada tes awal dapat dilihat bahwa nilai signifikansi t-test for equality of means untuk data tes awal adalah 0,554 atau lebih dari 0,05. Dengan demikian maka terima H0 dan tolak H1 yang menyatakan tidak ada perbedaan kecakapan matematis yang menggunakan pendekatan Open-Ended dengan Pembelajaran Konvensional, sedangkan pada tes akhir diperoleh nilai signifikansi t-test for equality of means 0,000 < 0,005, dengan demikian  maka tolak H0 dan terima H1 yang menyatakan bahwa ada perbedaan kecakapan matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan Open–Ended dengan pembelajaran konvensional.

References

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.
R. Soedjadi, Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, (Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, 2000).
https://www.google.co.id/search?q=tujuan+pembelajaran+matematika+menurut+para+ahli&oq=tujuan+pembeajaran+matematika+&aqs=chrome.2.69i57j0l5.10380j1j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8. Diakses 30 Juni 2018, Pukul 20.00 Wib.
Walpole, R.E. 1992. Pengantar Statistik. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Published
2018-06-30