PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN MEDIA BOOKLET TERHADAP SIKAP CAREGIVER DALAM MENCEGAH PENULARAN TUBERKULOSIS PADA ANGGOTA KELUARGA

  • Sri Nur Hartiningsih STIKES Surya Global Yogyakarta

Abstract

Tuberkulosis saat ini masih menjadi masalah kesehatan global di dunia dan juga di Indonesia. Jutaan orang meninggal dan tertular tuberkulosis setiap tahunnya.  Berbagai strategi dan upaya dilakukan demi menekan angka kejadian TB salah satunya dengan pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan agar hasilnya lebih efektif diperlukan sebuah media pendidikan. Media audiovisual dan booklet dianggap media yang menarik. Media audiovisual merupakan media yang menggabungkan audio, visual, animasi dan media  booklet dianggap lebih menarik karena media yang menyampaikan pesan kesehatan yang berbentuk buku dan gambar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media audiovisual dan media booklet terhadap sikap caregiver dalam mencegah tuberkulosis pada anggota keluarga. Penelitian  menggunakan pendekatan Quasy Eksperiment dan rancangan one group pretest-posttest with control group design. Penelitian ini dilakukan di 2 Puskesmas di Kabupaten Bantul, dengan jumlah sampel 30 responden. Hasil penelitian ini menggunakan uji Paired Sampel t-tes p<0,05 pada kelompok intervensi menunjukkan sikap p=0,000 pada kelompok kontrol  menunjukkan sikap p=0,000. Hasil ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pendidikan kesehatan dengan media audiovisual dan media booklet dapat meningkatakn sikap dan perilaku caregiver dalam mencegah tuberkulosis pada anggota keluarga.

References

Arsyad, Azhar. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta. PT.Grafindo Persada.
Azwar. (2013). Sikap Manusia (Teori Dalam pengukurannya). Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Fahrudin, Ahmad. (2011). Perbedaan Efek Konseling Gizi Dengan Media Booklet Terhadap Tingkat Pengetahuan, Asupan Energi Dan Kadar Gula Pada Pasien Diabetes Melitus Di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Tesis Universitas Sebelas Maret. Diperoleh tanggal 27 Desember 2014 dari http://repository.unri.ac.id/handle/123456789/1921.pdf.
Guo, P. J., Kim, J., & Rubin, R. (2014, March). How video production affects student engagement: An empirical study of mooc videos. In Proceedings of the first ACM conference on Learning@ scale conference (pp. 41-50). ACM.
Hayati, D., & Musa, E. (2016). Hubungan Kinerja Pengawas Menelan Obat Dengan Kesembuhan Tuberkulosis Di UPT Puskesmas Arcamanik Kota Bandung. KEPERAWATAN, 4(1).
Hermaningsih, S. (2009). Penggunaan Media Bantu Audio Visual Dan Leaflet Terhadap Perubahan Perilaku Perawatan Diri Pra Remaja Disekolah Menengah Pertama Kecamatan Buahbatu Kota Bandung. Jurnal keperawatan
Julianta. (2009). Media Audiovisual. Jakarta.ECG
Kumboyono. (2011), Perbedaan Efek Penyuluhan Kesehatan MenggunakanMedia Cetak Dengan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pasien Tuberculosis. Jurnal Ilmu Kesehatan Keperawatan..7,(1).
Maghfiroh, L., Pratama, A. N. W., & Rachmawati, E. (2017). Pengaruh Pemberian Edukasi Menggunakan Buku Saku Bergambar dan Berbahasa Madura terhadap Tingkat Pengetahuan Penderita dan Pengawas Menelan Obat Tuberkulosis Paru (The Effect of A Pictorial Booklet with Madurese Language on Level of Knowledge among Tuberkulosis. Pustaka Kesehatan, 5(3), 420-424.
Mintarsih, W. (2007). Pendidikan Kesehatan Menggunakan Booklet dan Poster dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi di Kabupaten Tasikmalaya. Tesis. Yogyakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Tidak dipublikasikan.
Notoatmojo, S. (2013). Prinsip-Prinsip Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Cet. ke-2, Mei. Jakarta : Rineka Cipta
Potter & Perry. (2010). Fundamental Keperawatan Edisi 7. Buku 3. Jakarta: Salemba Medika.
Purwanto, N. H. (2017). Hubungan antara sikap dengan perilaku keluarga tentang pencegahan penyakit menular tuberkulosis. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan, 6(1).
Purniawan, A. E. (2016). Efektifitas Media Poster Dan Audio Visual (Video) Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Tb Paru (Studi Di Desa Winong Kecamatan Pati Kabupaten Pati). Skripsi.
Rahayu, Eva., Kamaluddin, Ridlwan., & Sumarwati, Made. Pengaruh Program Diabetes Self Management Education Berbasis Keluarga Terhadap Kualitas Hidup Penderita Diabetes Melitus Tipe Ii Di Wilayah Puskesmas II Baturraden.2014.Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing), Volume 9, No.3, Juli 2014).
Sadiman. A.S. Raharjo, R (2009). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Pustekom Dikbud dan PT Raja Persada. Jakarta
Saroso, Siaswo. (2008). Upaya Pengembangan Pendidikan melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia, diakses tanggal 1 April 2008, Website URL media.diknas.go.id/media/ document/5650.pdf
Syatif Buang, Muhamad, Rahmalia, Siti, Arneliwati. (2015). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Dengan Audiovisual Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Hidup Sehat Keluarga Tentang Pencegahan Penularan Tuberkulosis Paru, JOM Vol 2 No 2, Oktober 2015.
Suiraoka, I.P., & Supariasa, I.D. (2012). Media Pendidikan Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Srimiyati. (2014). Pengaruh Pendidikan Dengan Media Booklet Terhadap Pengetahuan Dan Gejala Kecemasan Wanita Pramenepouse, Jurnal Universitas Gadjah Mada
Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D Alfabeta. Bandung
Uha suliha, Herawani, Sumiati, Resyana.Y. (2002). Pendidikan Kesehatan.Penerbit Buku Kedokteran. ECG. Jakarta
Uno, Hamzah B., &Lamatenggo, N. (2010). Teknologi Komunikasi Dan Informasi Pembelajaran. Adiguna. (2008). Design Bookler Dan Brosur Yang Unik Dan kreatif,(http://www.arimurti.com/artikel/blogging/design-booklet-dan-brosuryang-unik-dan-kreatif-2html),diakses11juni2009.
WHO. (2013). WHO Report 2013-Global Tuberculosis Control. www.who.int/tb/data. diunduh tanggal 4 April 2015
Published
2018-06-30