OPTIMALISASI MEDIA KOMIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA

  • Muhtadin M. STKIP PGRI Lubuklinggau

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik dapat dalam menulis naskah drama siswa kelas VIII MTS Mazro’illah Lubuklinggau. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen murni. Tes yang diberikan pada siswa  sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol sama, yaitu berupa menulis puisi. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa nilai rata-rata pretes siswa kelas eksperimen adalah 41,79 dan untuk kelas kontrol adalah 41,43. Sedangkan untuk postes nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 76,61 dan untuk kelas kontrol adalah 64,29. Jadi dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol. Data tes yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji "t" (uji perbedaan dua rata-rata) di dapat thitung = 4,61. Selanjutnya thitung dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada daftar distribusi t dengan taraf signifikan 1% pada derajat kebebasan dk = n1 + n2 – 2 = 28 + 28 – 2 = 54. Dikarenakan dk = 54 tidak ada maka diambil dk = 60. Dengan demikian thitung (4,61) > ttabel (2,66) untuk taraf signifikan 1%, thitung (4,61) > ttabel (2,00) untuk taraf signifikan 5%, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa Strategi What”s My Line berpengaruh terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Mazro’illah.

References

Anugerah. 2004. Materi dan Soal-soal Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia MTS/SMA. Surakarta: Media Utama.
Aqib, Z. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Nurhasanah dan Didik Tomianto. 2007. Kamus Bergambar Bahasa Indonesia untuk SD dan MTS. Jakarta: CV Bina Sarana Pustaka.
Sumiati dan Asra. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Amelia.
Tarigan, Hendry Guntur. 2008. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Wiyanto, Usul. 2002. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo.
Published
2018-06-30