KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMK NEGERI TUGUMULYO

  • Yeni Trianah Universitas Musi Rawas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk cedera fisik, penyebab cedera fisik dan pencegahan cedera fisik pada kegiatan ektrakulikuler olahraga futsal di SMA Negeri 3 Lubuklinggau. Fokus penelitian ini adalah cedera fisik pada ektrakulikuler olahraga Futsal di SMA Negeri 3 Lubuklinggau dan Sub fokus penelitian ini adalah Jenis Cedera Fisik, Penyebab Cedera Fisik dan Pencegahan Cedera Fisik pada ektrakulikuler olahraga futsal di SMA Negeri 3 Lubuklinggau. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa cedera yang pernah dialami oleh siswa pada ektrakulikuler futsal termasuk dalam kategori cedera ringan, penyebab cedera yang ditemukan adalah siswa tidak mengenakan perlengkapan futsal dengan lengakap dan benar, selain itu, kondisi lapangan yang tidak menunjang atau tidak memenuhui standar lapangan futsal, sehingga untuk meminimalisir terjadinya cedera akibat faktor lapangan, maka siswa berinisitif untuk menyewa lapangan futsal dengan standar nasional, selain itu meencegah terjadi nya cedera dengan mengenakan perlengkapan futsal dengan lengkap, pemanasan yang optimal serta latihan teknik dengan benar.

References

Amir, Zubaidah., dkk. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Algiranto, A., & Sulistiyono, S. (2020). Development of Physics Students Worksheets with Scientific Approaches to Improve Skills Critical Thinking and High School Student Learning Outcomes. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 107-113.

Battiste, M. 2005. Indegenous Knowledge: Foundation for First Nations. Canada: University of Saskatchewan.

Bambang Subali. (2010). Buku Evaluasi Remidiasi. FMIPA UNY: Yogyakarta.

Binadja, A. (2002). Pembelajaran Sains Berwawasan SETS untuk Pendidikan Dasar. Dalam Pelatihan Guru Sains Madrasah Ibtidaiyah dan Tsanawiyah Se-Jawa Tengah.

E. Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi kurikulum2013. Bogor: Ghalia Indonesia

Ibrahim, R. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Joseph, M.R. (2010). Ethnoscience and Problems of Method in the Social Scientific Study of Religion. Oxfordjournals. 39(3): 241-249.

Kemendikbud. (2015). Permendikbud No.64 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pinarbasi, T., Sozbilir, M., & Canpolat, N. (2007). Prospective chemistry teachers misconceptions about colligative properties: boiling point elevation and freezing point depression. Chemistry Education Research and Practice, (10), hlm. 273–280.

Rosyidah, A.N., Sudarmin, & Siadi, K. (2013). Pengembangan Modul IPA Berbasis Etnosains Zat Aditif Dalam Bahan Makanan untuk Kelas VIII SMP Negeri 1 Pegandon Kendal. Unnes Science Education Journal Vol. 2, No. 1, hlm. 133-139.

Rustaman. (2005). Perkembangan Penelitian Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam Pendidikan Sains. Makalah. Disajikan dalam Seminar Nasional II Himpunan Ikatan Sarjana dan pemerhati Pendidikan IPA IndonesiaBekerjasama dengan FPMIPA UPI di Bandung pada tanggal 22-23 Juli 2005.

Sardjiyo dan Pannen, P. (2005). “Pembelajaran Berbasis Budaya: Model Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.” Jurnal Pendidikan. 6(2), 83-98.

Sudarmin. (2017). Pendidikan Karakter, Etnosains dan Kearifan Lokal (Pertama ed.). Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Sudarisman, S., (2015), Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013, Jurnal Florae, 2(1):29-35.

Sugiyono & Agus Susanto. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyono, S., Mundilarto, M., & Kuswanto, H. (2018, May). Pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan kerja laboratorium untuk meningkatkan keterampilan proses fisika. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika (pp. 191-196).
Published
2020-06-27

Most read articles by the same author(s)