https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/issue/feed Jurnal Perspektif Pendidikan 2024-01-15T06:56:56+00:00 Viktor Pandra viktorpandra@ymail.com Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><strong>Jurnal Perspektif Pendidikan</strong> published by LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau is a periodical publication with <strong>P-ISSN&nbsp;0216-9991</strong> and <strong>E-ISSN 2654-5004</strong>. This journal has been published since 2007 in a printed version. <strong>Jurnal Perspektif Pendidikan</strong> has been categorized in level 5 accreditaion National Journal with Degre Number 28/E/KPT/2019 (<strong>SINTA 5</strong>). The Journal of Education Perspective includes articles on research results in Education, Learning, Research and Education development in the fields of English Language Education, Indonesian Language Education, Mathematics Education, Physics Education, Biological Education, History Education, Elementary School Education, and Physical Education and Recreation.</p> https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/2184 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SUBTEMA I SUHU DAN KALOR KELAS V SD NEGERI 79 LUBUKLINGGAU 2023-12-17T11:30:51+00:00 Kesi Anggraini kesianggraini618@gmail.com Fitria Lestari Fitrialestari@gmail.com Dedy Firduansyah Firduansyahsje@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk lembar kerja siswa (LKS) berbasis Contexual Teaching And Learning Subtema 1 Suhu dan Kalor Kelas V SD Negeri 79 Lubuklinggau untuk menghasilkan LKS yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D pada model memiliki empat tahapan, yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), pengembangan (develop), pendiseminasian (disseminate). Subjek penelitian ini ialah siswa kelas V dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes. Hasil analisis data yakni kevalidan ahli bahasa sebesar 0,75, ahli media sebesar 0,89, dan ahli materi sebesar 0,76. Berdasarkan hasil analisis ketiga ahli validator mendapatkan&nbsp; nilai rata-rata 0,80 menunjukan bahwa LKS berbasis Contextual Teaching And Learning Subtema 1 Suhu dan Kalor telah memenuhi kriteria valid. Analisis kepraktisan guru dan siswa&nbsp; yang terdiri dari 6 orang bahwa LKS berbasis Contextual Teaching And Learning Subtema 1 Suhu&nbsp; dan Kalor mendapatkan nilai rata-rata 95,45% sehingga dapat dikategorikan sangat praktis dan mempunyai efek potensial&nbsp; 95% dapat di kategorikan sangat baik. Disimpulkan bahwa LKS berbasis Contextual Teaching And Learning Subtema 1 Suhu dan Kalor telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efek potensial sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk lembar kerja siswa (LKS) berbasis Contexual Teaching And Learning Subtema 1 Suhu dan Kalor Kelas V SD Negeri 79 Lubuklinggau untuk menghasilkan LKS yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D pada model memiliki empat tahapan, yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), pengembangan (develop), pendiseminasian (disseminate). Subjek penelitian ini ialah siswa kelas V dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes. Hasil analisis data yakni kevalidan ahli bahasa sebesar 0,75, ahli media sebesar 0,89, dan ahli materi sebesar 0,76. Berdasarkan hasil analisis ketiga ahli validator mendapatkan nilai rata-rata 0,80 menunjukan bahwa LKS berbasis Contextual Teaching And Learning Subtema 1 Suhu dan Kalor telah memenuhi kriteria valid. Analisis kepraktisan guru dan siswa yang terdiri dari 6 orang bahwa LKS berbasis Contextual Teaching And Learning Subtema 1 Suhu dan Kalor mendapatkan nilai rata-rata 95,45% sehingga dapat dikategorikan sangat praktis dan mempunyai efek potensial 95% dapat di kategorikan sangat baik. Disimpulkan bahwa LKS berbasis Contextual Teaching And Learning Subtema 1 Suhu dan Kalor telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efek potensial sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.</p> 2023-12-17T09:38:21+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/2316 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI JAYALOKA 2024-01-09T07:00:54+00:00 Edi Sarwoko edisarwoko16@gmail.com Tri Ariani triariani.ta@gmail.com Ovilia Putri Utami Gumay oviliapu@gmail.com <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar fisika yang masih di bawah KKM. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran&nbsp; <em>Learning Cycle 7E</em> terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA Negeri Jayaloka?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran <em>Learning Cycle 7E </em>terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA Negeri Jayaloka. Jenis peenelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode <em>True Eksperimental Design</em>, desain yang digunakan adalah <em>Pre-test post-test control grodup design.</em> Populasi dalam penlitian ini adalah seluruh siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri Jayaloka yang berjumlah 135 siswa. Dua kelas menjadi sampel diperoleh dengan menggunakan teknik <em>simple random sampling</em>, yaitu kelas X MIPA 4 berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes yang berbentuk soal essay sebanyak 5 soal. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis dengan uji t terhadap nilai akhir dapat disimpulkan bahwa H<sub>o</sub> ditolak dan H<sub>a</sub> diterima karena sesuai kriteria t<sub>hitung&nbsp; </sub>&gt; t<sub>tabel</sub> yaitu 5,48 &gt; 1,997. Jadi, ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran <em>Learning Cycle 7E</em> terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA Negeri Jayaloka.</p> 2023-12-17T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/2570 PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN PERANGKAT LUNAK GEOGEBRA 2023-12-17T10:57:20+00:00 Agus Junsion Naibaho agusjnaibaho@gmail.com Nova Erawati Sidabalok Sidabalok@gmail.com Salim Efendi Efendisalim@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui metode penemuan terbimbing berbantuan <em>software </em><em>Geogebra</em>. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan sampel sebanyak 80 siswa. Sampel terdiri dari dua kelas eksperimen, yaitu kelas VII-1 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen-1 dan kelas VII-4 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen-2. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematik. Data yang diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis varians dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan&nbsp; hasil analisis disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang mendapat pembelajaran metode penemuan terbimbing berbantuan <em>software </em><em>Geogebra</em> lebih tinggi daripada tanpa berbantuan <em>software </em><em>Geogebra</em>.</p> 2023-12-17T09:46:29+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/2410 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN 31 LUBUKLINGGAU 2024-01-09T07:03:23+00:00 Agustina Agustina agstna07@gmail.com Satinem Satinem sartinem@yahoo.com Tri Ariani triariani.ta@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 31 Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode <em>experimen </em>dengan <em>design</em> <em>one-group pre-test</em> dan <em>post-test</em>. Populasi dalam penelitian ini menggunakan satu kelas yaitu siswa kelas IV dengan jumlah siswa 28 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik <em>sampling jenuh</em>. Instrument yang digunakan peneliti berbentuk soal essay yang berjumlah 8 soal. Teknik pengumpulan data diambil menggunakan tes. Data dianalisis dengan menggunakan rumus uji-z. Berdasarkan hasil uji analisis data dengan taraf α = 5% menunjukkan besar <em>Z</em><sub>hitung </sub>= 5,07 dan <em>Z</em><sub>tabel </sub>= 1,64. Karena <em>Z</em><sub>hitung </sub>&gt; <em>Z</em><sub>tabel </sub>(5,07 &gt; 1,64), yang menunjukkan bahwa <em>H<sub>0</sub></em> ditolak dan <em>H<sub>α</sub></em> diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CTL (<em>Contextual Teaching and Learning</em>) pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 31 Lubuklinggau signifikan tuntas dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79,07.</p> 2023-12-17T09:50:23+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/2603 STUDENTS’ PROBLEMS IN MASTERING SPEAKING SKILL FACED BY THE XI GRADE STUDENTS AT MA INTEGRAL HIDAYATULLAH MANOKWARI 2023-12-17T10:57:27+00:00 Kartini Kartini puangkara@gmail.com Syahira Syahira syahira.hafidzah4@gmail.com <p><em>This research aimed to investigate the students’ problem in mastering speaking skills, and the cause of that problem. This research was carried out at MA Integral Hidayatullah Manokwari. This research used qualitative approach with a descriptive analysis method. 28 students of MA Integral Hidayatullah Manokwari were interviewed and fill the questionnaire to determine their experience in speaking class. The result showed that students have lack of vocabulary (96%), Pronunciation 74%, lack of grammar 70%, lack of fluency (96%). Meanwhile, the cause of students’ speaking problems were lack of confidence, fear of making mistake, anxious, shyness, and lack of motivation. </em></p> 2023-12-17T10:12:06+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/2606 IMPLEMENTASI KONSEP FENOMENOLOGI , HERMENEUTIKA, BERPIKIR KRITIS DAN MULTIKULTURALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH 2023-12-17T10:57:28+00:00 Yeni Asmara yeni.stkip@gmail.com Firman Firman Firmanjambi342@gmail.com <p>Munculnya persepsi bahwa pelajaran sejarah yang merupakan salah satu Pengetahuan Ilmu Sosial yang kurang diminati oleh siswa, mereka beranggapan bahwa pelajaran tersebut membosankan, menjenuhkan dan kurang bermanfaat karena matapelajaran ini merupakan pelajaran yang syarat dengan teks, konsep atau teori pada kurun waktu lampau, sehingga tujuan pembelajaran sejarah yang sesungguhnya seperti membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini dan masa depan belum dapat tercapai secara maksimal, oleh karena itu guru matapelajaran sejarah dituntut untuk dapat berpikir mencari suatu solusi yang kreatif dan inovatif dalam meramu, menyajikan dan menyampaikan materi sejarah agar apa yang menjadi tujuan pembelajaran khususnya dapat tercapai serta menghilangkan persepsi negatif dari pelajaran tersebut. Oleh karena itu artikel ini akan menelaah bagaimana implementasi konsep filosofi fenomenologi, hermenutika, teori kritis dan multikulturalisme dalam pembelajaran sejarah. Penulisan artikel ini dengan menggunakan metode literatur atau kepustakaan. Pada saat guru matapelajaran sejarah melihat suatu fakta dan data yang ada bahwa siswa yang dihadapinya adalah siswa dengan karakteristik dan kebutuhan belajar yang berbeda, maka dia akan melakukan suatu penafsiran yang akan berdampak pada guru tersebut akan melakukan suatu inovasi yang kreatif sebagai bentuk perwujudan berpikir kritisnya dengan menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi seperti pembelajaran dengan model problem based learning, ataupun dengan variasi model lainnya dalam proses pembelajaran sejarah disetiap pertemuannya. Pada saat guru sejarah telah melaksanakan hal tersebut artinya guru telah berupaya menghormati dan menghargai perbedaan dan keragaman siswa yang dihadapinya atau dengan kata lain guru telah mengimplementasikan nilai filosofi multikulturalisme yang diawali dengan adanya fenomenologi, hermeneutika dan berpikir kritis.</p> 2023-12-17T10:14:03+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/2604 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD ((STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 KARANG JAYA 2023-12-17T11:50:40+00:00 Nurmarita Nurmarita nurmaritaarel@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas VI SD Negeri 2 Karang Jaya dengan menggunakan model pembelajaran STAD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan, model penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang dalam setiap siklusnya terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan nilai rata-rata dan persentase jumlah siswa yang mencapai KKM. Nilai rata-rata pada prasiklus mencapai 65,5 meningkat menjadi 69,74 pada siklus I kemudian setelah dilakukan perbaikan pada siklus II meningkat menjadi 77,41. Persentase siswa yang mencapai KKM meningkat dari 35,5% pada prasiklus menjadi 61,29% pada siklus I dan 87,09% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Karang Jaya.</em></p> 2023-12-17T10:17:42+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/2630 PERSEPSI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS TENTANG PENGGUNAAN AI DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS 2023-12-17T10:57:38+00:00 Syahira Syahira syahira.hafidzah4@gmail.com Kartini Kartini kartini_1254@gmail.com Sulistyahadi Sulistyahadi sulistyahadi@gmail.com Sigit Prafiadi sigitpraviadi098@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan kecerdasan buatan <em>Artificial Intelligence</em> (AI) dalam pembelajaran bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan bahasa inggris STKIP Muhammadiyah Manokwari yang menggunakan AI sebagai metode pembelajaran bahasa inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan <em>Artificial Intelligence</em> (AI) dalam pembelajaran cukup membantu mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan menulis teks berbahasa Inggris. <em>Language service</em> ini mampu memberikan umpan balik <em>(feedback)</em> atas kualitas tulisan yang dibuatnya hanya dalam hitungan detik saja dengan demikian maka hasil dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi terhadap pemahaman mahasiswa terhadap penggunaan AI dalam kegiatan pembelajaran bahasa inggris.</p> 2023-12-17T10:21:18+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/2624 PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN FAKTUAL DAN KONSEPTUAL SISWA SMP KELAS VIII 2023-12-17T10:57:41+00:00 Merti Triyanti mertibiologi@gmail.com Sulistiyono Sulistiyono suliswae85@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan modul IPA berbasis <em>PjBL</em> yang layak dan dapat digunakan untuk siswa SMP kelas VIII, (2) mengetahui keefektifan modul IPA berbasis <em>PjBL</em> terhadap pengetahuan faktual siswa SMP kelas VIII. Dan (3) mengetahui keefektifan modul IPA berbasis <em>PjBL</em> terhadap pengetahuan konseptual siswa SMP kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan atau (R&amp;D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D yaitu pendefinisian (<em>Define</em>), perancangan (<em>Design</em>), pengembangan (<em>Develop</em>), dan tahap penyebaran (<em>Disseminate</em>). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi Ahli terhadap produk hasil pengembangan dan analisis keefektifan peningkatan pengetahuan faktual dan konseptual siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan modul hasil pengembangan. Kelayakan modul IPA berbasis <em>Project Based Learning </em>(PjBL) berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan oleh ahli pada aspek materi, aspek media dan aspek bahasa terhadap modul IPA berbasis <em>Project Based Learning </em>(PjBL). Pada aspek materi sebesar 55 termasuk dalam kategori “Baik”. Pada aspek media diperoleh nilai sebesar 45 termasuk dalam kategori “Baik” dan pada aspek bahasa juga diperoleh nilai sebesar 30 termasuk dalam kategori “Baik”. Sehingga modul IPA berbasis <em>Project Based Learning </em>(PjBL) pada materi sistem tata surya layak untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran. 3) Modul IPA berbasis <em>Project Based Learning </em>(PjBL) pada materi sistem tata surya dapat meningkatkan pemahaman faktual dan konseptual siswa ditunjukkan dengan nilai <em>standard gain</em> sebesar 0,52 (kategori sedang).</p> 2023-12-17T10:51:02+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/2625 TINGKAT KELAYAKAN BAHAN AJAR MATAKULIAH MORFOLOGI BAHASA INDONESIA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERITAS PGRI SILAMPARI 2023-12-17T11:24:16+00:00 Tri Astuti triastuti8899@gmail.com Nur Nisai Muslihah nurnisai86@gmail.com <p>Dalam proses pembelajaran, bahan ajar memegang peranan yang sangat penting karena bahan ajar akan menentukan kualitas dan hasil pembelajaran. Oleh sebab itu, pentingnya memperhatikan tingkat kelayakan bahan ajar yang akan digunakan. Melalui penelitian pengembangan pendidikan <em>(educational research and development) </em>ini penulis bertujuan ingin mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar matakuliah Morfologi Bahasa Indonesia berbasis konstektual Tingkat kelayakan dalam pelitian ini dilihat dari hasil uji validasi ahli, uji kepraktisan, dan uji tingkat keterbacaan bahan ajar. Model penelitian pengembangan yang digunakan merupakan modifikasi model Borg and Gall. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester III Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Silampari yang mengambil mata Kuliah Morfologi Bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data menggunakan data angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian diperoleh data uji validasi desain sebesar 0.90 kategori validasi sangat tinggi, validasi materi 0,85 kategori validasi sangat tinggi, dan validasi bahasa 0.90 kategori validasi sangat tinggi. Jika dihitung rerata hasil uji validasi diperoleh tingkat validasi sebesar 0.88 dalam kategori sangat tinggi. Sementara hasil uji &nbsp;kepraktisan melalui tiga kelompok evaluasi, yaitu evaluasi <em>one to one </em>diperoleh nilai kepraktisan 95% (sangat praktis), evaluasi <em>small group tryout </em>&nbsp;diperoleh nilai kepraktisan 92.44% (sangat praktis), dan evaluasi <em>field tryout </em>diperoleh nilai kepraktisan 87.08 (sangat praktis). Rerata nilai kepraktisan diperoleh sebesar 88.58 kategori sangat praktis. Untuk tingkat keterbacaan mahasiswa terhadap buku ajar diperoleh rerata nilai hasil belajar sebesar 81.07 kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa bahan ajar memiliki tingkat kelayakan yang sangat tinggi dan sangat baik.</p> 2023-12-17T11:22:22+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/2644 ANALISIS BUKU GLOBALISASI (JALAN MENUJU KESEJAHTERAAN) DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN IPS 2024-01-15T06:56:56+00:00 Supriyanto Supriyanto supriyanto.unpari@gmail.com Isbandiyah Isbandiyah isbandiyahpris@gmail.com <p>This writing aims to analyze the content of the book “Globalization: Road to Prosperity” and its relevance to social studies education, particularly in preparing social studies teachers to equip themselves as educators teaching social studies from a global perspective. The qualitative method is employed with a literacy study approach. Based on the analysis results, it can be concluded that the book “Globalization: Road to Prosperity” is more applicable to developed countries, while for developing countries, including Indonesia, it is more of a discourse, indicating that although we are in the era of globalization, entering it still requires a considerable amount of time. One notable agreement is that a statement in this book mentions, "Undeniably, we are now in communication, meaning that global communication is deceptive. When the internet is present in a country, it becomes more difficult to control what citizens do with it. However, modern technology is a double-edged sword, making it easier to regulate and monitor specific object movements. In education, facing the era of globalization, educators are responsible for developing and equipping learners with skills and confidence to face increasingly challenging life situations. Social studies educators can incorporate global education into social studies instruction to make learning more meaningful.</p> 2023-12-17T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##