Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah dengan Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT)n pada Siswa Kelas XI IPS 2 Semester 1 Tahun pelajaran 2018/2019SMA Kristen Satya Wacana Salatiga

  • Raden Wahyu Joyo Diningrat Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: TGT, sejarah, pembelajaran kooperatif

Abstract

Belajar merupakan Proses yang dilakukan secara terus menerus oleh manusia guna mencapai perubahan dengan hasil yang lebih baik, Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan pembelajaran Sejarah yang aktif, inovatif, mandiri dan menyenangkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Teams Games Turnament (2) Meningkatkan   aktivitas siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran Sejarah dengan strategi pembelajaran Teams Games Tournament. (3) Meningkatkan prestasi belajar Sejarah siswa kelas XI IPS 2 SMA Kristen Satya Wacana dengan menggunakan strategi pembelajaran Teams Games Tournament. SMA Kristen Satya Wacana adalah Sekolah Menengah Atas Swasta yang berada dibawah naungan Universitas Kristen Satya Wacana. Metode penelitian yang digunakan adalah  Deskriptif Komparatif  melalui perbandingan hasil belajar siswa, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi selama   proses  belajar   mengajar   dan  selama   pelaksanaan   turnamen.   Hasil Penelitian  ini  adalah  (1)  siswa  kelas  XI  IPS  2  SMA  Kristen  Satya  Wacana Salatiga mengalami perubahan hasil belajar. (2) Model pembelajaran ini dapat merangsang semangat belajar dan (3) dengan model pembelajaran TGT proses pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan.

References

Hanafiah, Nanang., dan Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama

Suryani, Nunuk., dan Leo Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak

Trianto. 2009. Mendisain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada

Made Wena. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bandung: Bumi Aksara.

Slavin, Robert E. Dalam: Narulita Yusron (ed). 2010. Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung: Nusa Media.

Sari, Ervianna Rut. 2012. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (Materi Permintaan, Penawaraan dan Terbentuknya Harga Pasar). Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 1 No. 1

Wina Sanjaya, 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Published
2019-07-31
How to Cite
Joyo Diningrat, R. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah dengan Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT)n pada Siswa Kelas XI IPS 2 Semester 1 Tahun pelajaran 2018/2019SMA Kristen Satya Wacana Salatiga. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(2), 28-35. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/sdg.v1i2.296