STUDI DESKRIPTIF KINERJA GURU DALAM MEMILIH BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan studi deskriptif kinerja guru dalam memilih bahan ajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV B SDN 60 kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV SDN 60 B Kota Bengkulu. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, wawancara dan member chechk. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menguji kredibilitas data melalui observasi dan triangulasi penyuluhan. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) guru sudah melakukan tahapan pemilihan bahan ajar berdasarkan unsur bahan ajar yang baik, namun ada unsur bahan ajar yang tidak sesuai yaitu sama sekali tidak sesuai materi pada bahan ajar memiliki LKS, 2) guru belum sepenuhnya mampu memilih bahan ajar bahasa Indonesia berdasarkan prinsip bahan ajar, 3) guru juga belum sepenuhnya mampu memilih bahan ajar bahasa Indonesia berdasarkan langkah-langkah pemilihan bahan ajar, 4) guru hanya menggunakan jenis bahan ajar dalam pengajaran bahasa Indonesia, padahal masih ada jenis bahan ajar lain yang dapat digunakan
References
Darmawati.2013. Penilaian Angka Kredit Guru.Jakarta:Bumi Aksara
Djihad Asep & Suyanto.2013.Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional (Cetakan Kedua).Yogyakarta:Multi Pressindo Kurniasih Imas & Sani
Darmadi.2011.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Jasmani & Mustofa Syaiful. 2013. Supervisi Pendidikan.Jogjakarta:Ar-Ruzz Media
Kemendikbud Peraturan Menteri Pendidian Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses
Kemendikbud Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Lestari, Ika.2013.Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi (Cetakan Kesatu). Padang: Akademia