PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK(LKPD) IPA BERBASIS POTENSI LOKAL REJANG LEBONG DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK SISWA KELAS IV SD NEGERI 63 REJANG LEBONG

  • Windi Utari
  • Novianti Mandasari
  • Lucy Asri Purwasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan desain LKPD IPA berbasis potensi lokal Rejang Lebong siswa kelas IV SD Negeri 63 Rejang Lebong dan untuk menghasilkan LKPD IPA berbasis potensi lokal yang valid, praktis, dan efek potensial. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (difine, design, develop, dan disseminate). Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas LKPD berupa lembar angket validasi, lembar angket kepraktisan dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari aspek kevalidan kualitas LKPD mendapatkan skor rata-rata 0,81 dengan kategori validasi tinggi selanjutnya aspek kepraktisan kualitas LKPD berdasarkan siswa dan guru mendapatkan skor rata-rata 71,17 dengan kategori praktis, dan aspek efek potensial berdasarkan hasil tes hasil belajar mendapatkan skor rata-rata 87,39 dengan kategori sangat baik.

References

Alpian, Anggraini., Wiharti., & Soleha. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia.JurnalBuana Pengabdian, 1 (1), 67-68.
Andiana, F. (2015). Startegi Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan pembelajaran ke SD-an, 3(1) 51-53.
Aswarliansyah, Febriandi, (2021). Pengembangan Media Pola Perlahan Pada Materi Perkalian Siswa Sd Kelas II. Journal of Elemantary School (JOES), 4 (2), 187-196.
Febriandi, Susanta, Wasidi. (2019). Validitas LKPD Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Peserta Didik, 2 (2) 148-158
Gitriani, R. (2018). Pengembangan LKS BerbasisPendekatan Kontekstual Pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika,3(1), 40-48.
Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis RME Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. JurnalPendidikan Matematika,1(2) 51-63.
Lestari, Egok, Febriandi. (2021) Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (1) 395-405
Muslimah,S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Tematik Berbasis Outdoor Learning Pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(4) 1927-1928.
Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Rawamangun- Jakarta: kencana.
Published
2023-08-28
How to Cite
Utari, W., Mandasari, N., & Purwasi, L. A. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK(LKPD) IPA BERBASIS POTENSI LOKAL REJANG LEBONG DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK SISWA KELAS IV SD NEGERI 63 REJANG LEBONG. Primary Education Journal Silampari (PEJS), 5(2), 44-51. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/pejs.v5i2.2557