PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 LUBUKLINGGAU

  • Dwi Alia Permata Sari Universitas PGRI Silampari
  • Tri Ariani Universitas PGRI Silampari
  • Andriana Sofiarini Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 1 Lubuklinggau setelah diterapkan Model Pembelajaran Concept Sentence Berbantuan Media Flash Card. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain eksperimen one group. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan sampel menggunakan sample jenuh. Sampel dalam penenlitian ini dari seluruh kelas V yang berjumlah 16 siswa. Instrument yang digunakan berbentuk soal essay 14 soal. Pengumpulan data diambil dengan teknik tes. Data dianalisis dengan menggunakan rumus uji “t”. berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 11,2 dengan derajat kebebasan dk = n-1 = 16-1 = 15 dan  = 5% diperoleh  ttabel = 1,753, maka thitung = 11,2 ttabel 1,753 yang bearti Ho ditolak dan H  diterima. Sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 1 Lubuklinggau setelah diterapkan model pembelajaran Concept Sentence Berbantuan Media Flash Card secara signifikan tuntas.

References

Angreany. F. Saud. S. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra. 1 (2).
Febriandi, R. (2020). Penerapan Model Drills Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer Pada Siswa Kelas Xi Ipa Man 1 Lubuklinggau. Journal of Mathematics Science and Education, 2(2), 80-95.
Iqomatul Khaq, M. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Kelas III SD Negeri Karangrejo 01 Bonang Demak. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 6(2), 155-160.
Khotimah, S. K., Mohamad, I. F., & Habibi, Y. (2017). Meningkatkan kejujuran akademik: Efektivitas classroom developmental bibliotherapy dalam pembelajaran. Humanitas, 14(2), 90.

Nilawijaya, R. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Concept Sentence Dalam Menulis Puisi Siswa Kelas Viii SMP Satap 48 Oku. Jurnal Pesona. 6 (2)
Mustika, Y., & Nurwidaningsih, L. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Anak Usia Dini terhadap Perkembangan Kognitif Anak di TK Kartika Siwi Pusdikpal Kota Cimahi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 94-101.
Putri, R. S., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2022). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning terhadap Pembelajaran Tematik. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 367-374..
Sari, D. P., Triyogo, A., & Febriandi, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Pada Pembelajaran Ips Kelas IV SD Negeri Sukakarya. Jurnal Ilmiah Aq
uinas, 224-231.

Shoimin, (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Published
2023-08-28
How to Cite
Permata Sari, D. A., Ariani, T., & Sofiarini, A. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 LUBUKLINGGAU. Primary Education Journal Silampari (PEJS), 5(2), 52-59. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/pejs.v5i2.2559