PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PENDEKATAN PEMBELAJARAN PMRI PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN SISWA SDN TEMUAN SARI

  • Dina Romadon Universitas PGRI Silampari
  • Aswarliansyah Aswarliansyah Universitas PGRI Silampari
  • Nur Fitriyana Universitas PGRI Silampari

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Temuan Sari setelah diterapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) secara signifikan tuntas. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu. Populasi seluruh kelas IV SD Negeri Temuan Sari dan sebagai sampel kelas IV.A sebagai kelas eksperimen yang diambil secara random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes bentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal. Data terkumpul dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan didapatkan data hasil belajar setelah diterapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan yaitu rata-rata sebesar 79,62 dan jumlah yang tuntas mencapai 92,31%. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung 8,72 ttabel 1,71 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Temuan Sari setelah penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) secara signifikan tuntas

Kata Kunci: Kontekstual, PMRI, Matematika, Pecahan.

References

Arikunto, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Febriandi, R. (2020). Penerapan Model Drills Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer Pada Siswa Kelas XI IPA Man 1 Lubuklinggau. Journal of Mathematics Science and Education, 2(2), 80-95.
Febriandi, R. F., Susanta, A. S., & Wasidi, W. W. (2020). Validitas Lks Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 148-158.
Lestari, F., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 255-269..
Muchlis, E. E. (2012). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padang. Jurnal Excata. 10 (2), 136-139.
Padeng, Stefanus. (2017). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia PMRI) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Logis Siswa Kelas IIISD Kanisius Klepu. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma.
Runtukahu, Tombokan & Selpius Kandou. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utari. D.R, Wardana M Y.S & Damayanti A.T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4) 340-354.
Wijaya, Ariyadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wijayanti, Rina. (2018). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Muhammadiyah Karangbendo Banguntapan Bantul. Yogyakata: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Published
2023-08-28
How to Cite
Romadon, D., Aswarliansyah, A., & Fitriyana, N. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PENDEKATAN PEMBELAJARAN PMRI PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN SISWA SDN TEMUAN SARI. Primary Education Journal Silampari (PEJS), 5(2), 60-66. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/pejs.v5i2.2561