PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI BANGUN REJO
Abstract
This research aims to determine the completeness of the science learning outcomes of grade IV students at Bangun Rejo State Elementary School, after implementing the STAD Type Cooperative learning model. The method used in this research was quasi-experimental and the research subjects were class IV of SD Negeri Bangun Rejo. The instrument used is multiple choice test questions. The research results show that the average Pre-Test score is 51.92. After being treated using the STAD Type Cooperative learning model, the post-test result was 77.27. If the hypothesis Z_count Z_table is 2.53, then this result can also be compared with Z_table at the 5% significance level, namely: 2.53> 2.03. then H_oditolak H_adiwas accepted after applying the STAD Type Cooperative model to the science learning outcomes of class IV students at SD Negeri Bangun Rejo which was declared complete.
Keywords: Science learning outcomes, STAD Type Cooperative
References
Ahdar Djamaludin dan Wardana, 2019 Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis, Sulawesi Selatan : CV Kaffah Learning Center
Aje, A. U. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Achievement Division (STAD) & Team Games Tournament (TGT). Azka Pustaka.
Ariani, T., & Agustini, D. (2018). Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT): Dampak terhadap Hasil Belajar Fisika. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 1(2), 65-77.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Arsa suka, Putu, 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.
Asmedy, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 108-113.
Baharuddin, dkk. 2007. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Darmadi. 2017. Pengembangan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamaluddin, A., Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Jakarta: CV. Kaaffah Learning Center.
Doyan, A. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif stad berbasis Multi media interaktif terhadap penguasaan konsep siswa Pada materi termodinamika. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1).
Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., Anam, K., (2016) Implementasi model STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa. BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual , 1(1), 16-23.
Hadi, A., Nasaruddin, N., dan Husniati, H. (2020) Pengaruh Model Pemelajaran Kooperatif tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmia Pendas: primary Education Journal 1(2), 124-133.
Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Jakni. 2016. Metode Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabet.
Kumala, N.K (2016) Pemelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang: Ediiede Infografika.
Marheni, N. K., Jampel, I., dan Suwatra, I. W. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Tehadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian dan pengembangan pendidikan, 2(3), 351-361.
Mariyaningsih, Nining. 2018. Bukan Kelas Biasa. Surakarta : CV Kekata Group.
Mulyono, M., & Setyo, A. A. (2018). Komparasi Keefektifan antara model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Tipe Snowball Throwing dalam Pembelajaran Geometri Analitik. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(2), 115-123.
Nurhazannah, Y. (2017). Meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 8(2), 50-59.
Nurwinda., khaedar, M., Cayati., Fitriana, E (2020). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 188 Tanroni Kabupsaten Wajo. Jurnal kajian pendidikan dasar: Vol 7(1). 36-43.
Oktiana, P., R., Sari, P. F., (2021). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar di Desa Bener Kecamatan Majena. Jurnal koverence series (SHOs): Vol, 5(2). 279-285.
Rahayu, S., & Sumadi, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar. Prosiding SNasPPM: Vol, 7(1), 1039-1045.
Rosalia, D. (2016). Buku saku pintar IPA SD kelas 4, 5, 6. Jakarta Selatan : Cmedia Imprint kawanpustaka.
Sianturi, E. I. Y., Napitupulu, R. P., & Sidabutar, Y. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Sumber Energi Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 6586-6598.
Sudarsana, I. K. G. (2021). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 176-186.
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarni, T. E., Mansurdin. (2020). Model Kooperatif Learning Tipe STAD Pada Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan Tambusai: Vol, 4(2). 1309-1319
Supra Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIAhatiningrum, Jamil. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto. 2018. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Grafika
Wibowo. 2016.. Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Gramedia Asri Media Cabang Emerald Bintaro. Computech & Bisnis, 119- 127
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Vol, 4(1).
Zulkifli, M., Utari, N. (2022). Semua bisa pintar ulangan