BUKU EVALUASI TERPADU SEBAGAI PENDUKUNG PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR

  • Fajri Basam Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Buku, evaluasi, pendidikan Karakter, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan buku evaluasi terpadu (BETA) dalam mendukung pendidikan karakter siswa sekolah dasar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data dalam penelitian diperoleh melalui sumber data primer yang berasal dari narasumber langsung yaitu guru, siswa dan orang tua siswa kelas V SDN Sadeng 03, sedangkan untuk sumber data sekunder berasal dari foto-foto dan dokumen BETA. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model analisis Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan BETA mampu membuat perilaku siswa menjadi lebih terkontrol. BETA dapat membentuk karakter siswa antara lain: kedisiplinan, iman dan takwa, ibadah, akidah, hormat pada orang tua dan guru, menghormati dan menyayangi teman, kejujuran, tanggung jawab, kemandirian, dan, sopan santun.

References

Berkowitz, M. W., & Hoppe, M. A. (2009). Character education and gifted children. High Ability Studies, 20(2), 131-142.
Departemen Pendidikan Nasional. (2010). Pendidikan Karakter Teori & Aplikasi,Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan dan MenengahKementerian Pendidikan Nasional.
Hidayat, H.S. (2013). Pengaruh Kerjasama Orang Tua Dan Guru Terhadap Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kecamatan Jagakarsa - Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah WIDYA, 1(2), 92-99.
Rachmawita. (2012). Deskripsi Kenakalan Remaja Akibat Orang Tua Broken Home pada Siswa Kelas XI SMA Arjuna Bandar Lampung Tahun Ajaran 2012/20213. Skripsi: Universitas Lampung.
Samani, M.,& Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Surya, H.M. (2007). Kapita Selekta Kependidikan SD. Cetakan 27. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
2019-06-28
How to Cite
Basam, F. (2019). BUKU EVALUASI TERPADU SEBAGAI PENDUKUNG PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. Primary Education Journal Silampari (PEJS), 1(1), 7-12. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/pejs.v1i1.306