PENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE

  • Devi Afriyuni Yonanda Universitas Majalengka
Keywords: Pemahaman konsep, model pembelajaran kooperatif tipe take and give

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil peningkatan pemahaman konsep siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan (Action Research). Data hasil tes akan dianalisis dengan menggunakan rumus sebagai berikut: 1) Ketuntasan individu dikatakan tuntas apabila mencapai 65% sesuai denan ketetapan dari SDN Gununglarang III Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka. Dengan demikian siswa dianngap telah mencapai ketuntasan belajar jika telah mencapai nilai ≥65. Untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa secara individu digunakan rumus skor hasil ketuntasan individu dan skor ketuntasan maksimal, 2) Ketuntasan klasikal dikatakan tuntas apabila mencapai 70% sesuai dengan ketetapan dari SDN Gununglarang III Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pada siklus I tindakan I terdapat siswa yang tuntas 35% dan siswa yang tidak tuntas 65%, siklus I tindakan II terdapat siswa yang tuntas 40% dan siswa yang tidak tuntas 60%. Persentase ini menunjukkan hasil pada siklus I termasuk kurang, pertanyaan tersebut sesuai (2) Pemahaman konsep siswa meningkat pada siklus II, siklus II tindakan I siswa yang tuntas 65% dan siswa yang tidak tuntas 35%, siklus II tindakan II siswa yang tuntas 100% dan yang tidak tuntas 0%. Hasil ini menunjukkan kategori baik. Kesimpulan, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas III SD Negeri Gununglarang III.

References

Asrori, M. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.
Huda,Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kurniasih dan Berlin. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.
Mubarokah. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Kelas VII. Tidak diterbitkan.
Sardjiyo. (2014). Pendidikan IPS di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Published
2019-06-28
How to Cite
Yonanda, D. (2019). PENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE. Primary Education Journal Silampari (PEJS), 1(1), 24-29. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/pejs.v1i1.307