PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) KELAS IV SD NEGERI 179 PALEMBANG
Abstract
The objective of research was to improve students' learning outcome on thematic learning through CLIS model (Children Learning In Science) in the fourth class of elementary school number 179 Palembang. The design of the research was action research. The subject of the research was 27 students of IVC including 13 male students and 14 female students. Technique of data analysis used test, observation and documentation. Based on the research result, it was proved that the average score in pre-cycle was 62 with learning mastery 30.8% (fair), the average score in cycle I increased 70.9 with learning mastery 44.4% (enough). While the average score in cycle II also increased 75.2 with learning mastery 85.1% (very good). The average percentage of students' participation also increased from cycle I (61.9%) in enough active category to cycle II (71.1%) in active category. In summary, CLIS model (Children Learning In Science) can improve students' learning outcome. Therefore, the researcher suggests that the teachers apply CLIS model in the teaching and learning process.
References
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdikbud, Penilaian Kurikulum. 2013. Penilaian Proses dan Hasil Belajar.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Driver. 1994. Kelebihan dan kelemahan dari model Children Learning In Science. (http://jevuska.com/topic/journal-constructing-scientific-knowledge-in-the-classroom) diakses 23 desember 2013.
Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Hidayati, 2011. Penerapan Model CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IX IPA 1 SMA Negeri 3 Palembang. Skripsi Jurusan FKIP Kimia Universitas Sriwijaya Palembang : Tidak Dipublikasikan.
Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Rustaman dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Salwin, M.D. 1998.Kelemahan Model Pembelajaran CLIS.(http://titybelajar.blogspot.com/2012/06/model-pembelajaran-clis.html). Diakses tanggal 15 Januari 2014.
Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Septalestari, Lim. 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model CLIS Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Siswa Kelas IV SDN 130 Palembang. Skripsi Jurusan FKIP PGSD Universitas Sriwijaya Palembang : Tidak Dipublikasikan.
Silaban, Nurhayati. 2012. Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran CLIS Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD 04 Kuwaron Kecamatan Gubug Kaabupaten Grobogan. Skripsi Jurusan FKIP PGSD Universitas Kristen Satya Wacana: Tidak Dipublikasikan.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Soetopo, Sungkowo. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Palembang : Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Sriwijaya.
Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
Sumantri dan Sukmadinata. 2012. Karakteristik Anak SD. (http://peluangbisnisonlinemodalkecil.blogspot.com/2012/09/karakteristik-anak-usia-sekolah-dasar.html). Diakses tanggal 27 Januari 2014.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogjakarta: Pusaka Belajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Triyono.2012. Penerapan model CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) untuk meningkatkan pembelajaran ilmu pengetahuan alam siswa kelas IV SD negeri 14 muara sugihan. Skripsi Jurusan FKIP PGSD Universitas Sriwijaya Palembang : Tidak Dipublikasikan.
Winataputra, Udin S. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.