Pengembangan Lembar Kerja Siswa Fisika Berbasis Scientific pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Berbasis Scientific pada pokok bahasan Elastisitas dan Hukum Hooke yang valid, dan praktis. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana mendesain dan mengembangkan Lembar Kerja Siswa Fisika berbasis scientific pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke Kelas XI SMA Negeri 4 (Model) Lubuklinggau?, 2) Bagaimana kualitas LKS untuk pembelajaran fisika jika ditinjau dari segi kevalidan, dan kepraktisan?, Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 5 yang terdiri dari 6 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengembangan penelitian menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 1) Analisis Kebutuhan (Analysis), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (develop), 4) Implementasi (Implement), 5) Evaluasi (Evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket respon siswa. Dan validasi terdiri dari 3 validasi ahli, validasi materi dengan penilaian 44 dalam kategori sangat baik, validasi bahasa dengan penilaian 18 dalam kategori baik, dan validasi media dengan penilaian 29 dalam kategori baik. Validasi yang dilakukan mendapatkan hasil dengan penilaian 91 dalam kategori baik. Respon siswa terhadap lembar kerja siswa fisika berbasis Scientific dengan penilaian 34,16 dalam kategori sangat baik sedangkan hasil uji kompetensi siswa dengan 6 orang sampel 1 orang tidak tuntas 5 orang yang mencapai KKM. Sehingga dapat dikatakan bahwa Lembar Kerja Siswa fisika berbasis Scientific yang dikembangkan telah Valid, dan praktis.
References
Algiranto, A., Sarwanto, S., & Marzuki, A. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL POE PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES FISIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH IMOGIRI. FKIP e-PROCEEDING, 3(1), 23-27.
Ariani, T. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 6(2), 169-177.
Ariani, T., & Yolanda, Y. (2019). Effectiveness of Physics Teaching Material Based on Contextual Static Fluid Material. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 2(2), 70-81.
Arini, W. (2020). Implementation of Scientific Approach in Physics. THABIEA: Journal Of Natural Scıence Teachıng, 3(2), 152-162.
Algiranto, A., Sarwanto, S., & Marzuki, A. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL POE PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES FISIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH IMOGIRI. FKIP e-PROCEEDING, 3(1), 23-27.
Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Bloom, B.S., Engelhart, M.D., Furst, E.J., Hill, W.H., dan Krathwohl, D.R. (2010). The Taxonomy of Educational Objectives The Classification of Educational Goals, Handbook I: Cognitive Domain. New York: David Mc Kay.
Damayanti, dkk. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) dengan pendekatan inkuiri terbimbing untukn mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi peserta didik pada materi listik dinamis. Jornal program studi pendidikan fisika. universitas muhammadiyah purworejo. Vol. 3. No. 1. Hal 58-62.
Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas.
Fatmawati. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Yayasan Kareadarma.
Gagne, B,. (2003). Kondisi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Gumay, O. P. U., Kodarsih, E., & Mulyanto, A. B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Muara Beliti Tahun Pelajaran 2015/2016. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 5, pp. SNF2016-EER).
Lestari, W. M., Ariani, T., & Gumay, O. P. U. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Scientific Approach. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 2(1), 18-29.
Lorenza, Y., Sasmita, P. R., & Amalia, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantukan Alat Peraga Sederhana Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 1(2), 87-93.
Marzuki, A. (2019, February). The development of students worksheet based on Predict, Observe, Explain (POE) to improve students’ science process skill in SMA Muhammadiyah Imogiri. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1153, No. 1, p. 012148). IOP Publishing.
Nikat, R. F., Algiranto, A., Loupatty, M., & Henukh, A. (2022). Pemahaman Konsep Dinamika dan Kinematika Berdasarkan Conceptual Knowledge Melalui Aplikasi Game Quizizz. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 218-230.
Pudjawan, K., Jampel, I, N., & Tegeh, I, M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Reksoatmodjo, N., T. (2010). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Bandung: Refika Aditama.
Restu, I. A., & Arini, W. (2020). Pengembangan LKS Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning Materi Suhu dan Kalor Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Lubuklinggau. SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA, 2(2), 92-106.
Riduwan. (2014). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Shelton, dkk. (2008). Applying the ADDIE Model to Online Instruction. Jounal 64 Tekno, Vol: 22 September 2014, ISSN : 1693-8739.
Sudijono. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Widya, dkk,. (2017). Kualitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Crewative Problem Solving Dengan Pendekatan Open-Ended Pada Materi Usaha Dan Energi Terintegrasi Energi Biomassa. Gravity: Jurnal Ilmiah Peneliti dan Pembelajaran Fisika. 3(2), 162, 164 dan 166
Yerimadesi. (2016). Pengembangan modul kesetimbangan kimia berbasis pendekatan saintifik. Jounal of sainstek 8