A STUDY ON MULTILPE INTELLIGENCE IN EFL CLASSROOM AT THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 6 LUBUKLINGGAU
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu (1) Jenis kecerdasan ganda di kelas EFL pada siswa kelas delapan dari SMP Negeri 6 Lubuklinggau, (2) Apa strategi yang mewakili kecerdasan ganda yang diterapkan di kelas EFL pada siswa kelas delapan dari SMP Negeri 6 Lubuklinggau. Subjek penelitian adalah 60 siswa yang dipilih oleh perwakilan data sampling peneliti menggunakan penelitian survei dan data yang dikumpulkan oleh wawancara, kuisioner, observasi. Data dinilai dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian adalah para siswa tertarik untuk mengembangkan kecerdasan ganda mereka. Para peneliti menemukan sejumlah kecerdasan item ini: kecerdasan linguistik (16.56%), kecerdasan logikal-matematika (9.51%), kecerdasan visual spasial (10.7%), kecerdasan kinestetik (13.37%), kecerdasan musikal (12.32%), kecerdasan interpersonal (10.66%), intrapersonal intelligence (11.7%), kecerdasan naturalis (15,18%). Dari 8 beberapa kecerdasan memiliki nilai tertinggi adalah kecerdasan linguistik (16.56%) dan skor terendah adalah kecerdasan interpersonal (9.51%). Peneliti menyimpulkan bahwa siswa tertarik pada kecerdasan linguistik di kecerdasan ganda. Strategi yang digunakan oleh guru adalah belajar melalui video dan kartu dan mengaturan huruf-huruf yang terbuang menjadi sebuah kata.
References
Ahmad, A. R., Seman, A. A., Awang, M. M., & Sulaiman, F. (2015). Application of Multiple Intelligence Theory to Increase Student Motivation in Learning History.Asian Culture and History, 7(1), 210-219.
Armstrong, T. (2003). The Multiple Intelligences of Reading and Writing, Association for Supervision and Curriculum Development, Alexandria
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktek. Rineka Cipta: Yogyakarta
Berman, M. (1998). A Multiple Intelligences Road to an ELT Classroom. UK: Crown House Publishing Limited, 4(1), 1-135.
Campbell. L., Campbell, B., & Dickinson, D. (1996). Teaching and Learning through Multiple Intelligences. Massachusetts: Allyn and Bacon.
Demir, S., Kilinc, M. & Dogan, A. (2012). ‘The effect of curriculum for developing efficient studying skills on academic achievements and studying skills of learners’, International Electronic Journal of Elementary Education, 4(3), 427–440.
Derakhshan, A., & Faribi, M. (2015). Multiple Intelligence: Language Learning and Teaching.Published by Canadian Center of Science and Education, 5(4), 63-72.
Fraenkel et al. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (8th Ed.). New York: McGraw-Hill Companies
Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.
Kumar, Y. S. (2006). Fundamental of Research Methodology and Statistic. New Delhi: New Age International Limited Publisher.
Sugiyono (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Sadeghi, K., & Farzizadeh, B. (2012). The Relationship betweenMultiple Intelligence and Writing Ability of Iranian EFL Learners.Published by Canadian Center of Science and Education, 5(11), 136-142.