PENGEMBANGAN E-MODUL BANGUN RUANG SISI DATAR MENGGUNAKAN KONTEKS KOTA LUBUKLINGGAU

  • Dian Fitriani Universitas PGRI Silampari, Indonesia
  • Viktor Pandra Universitas PGRI Silampari, Indonesia
  • Yufitri Yanto Universitas PGRI Silampari, Indonesia
Keywords: Context, E-Modul, Flat Sided Geometry, Lubuklinggau City.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul dengan menggunakan konteks kota Lubuklinggau pada material geometri sisi datar yang valid dan praktis serta efek potensial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model ini terdiri dari 5 tahap, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini meliputi validator (ahli bahasa, ahli media, ahli materi), guru matematika, dan siswa kelas 8. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengisian lembar kuesioner, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, e-modul yang dikembangkan memiliki validitas bahasa 0,75 dengan kategori valid, validitas media 0,75 dengan kategori valid, dan validitas materi 0,91 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan e-modul berdasarkan respon guru adalah 84% dalam kategori sangat praktis dan respon siswa (kelompok kecil) adalah 97,2% dalam kategori sangat praktis. Sedangkan efek potensial e-modul terhadap hasil belajar siswa sebesar 75,9% dengan kategori baik. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-modul dengan menggunakan konteks Kota Lubuklinggau pada material geometri sisi datar yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan sangat valid dan praktis serta memiliki efek potensial yang baik sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran pada bahan bangunan sisi datar.

References

Adha, I., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Konteks Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1), 1-10.

Anggo, M. (2011). Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan kemampuan Matakognisi Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2), 35-42.

Anggraeni, D. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP Negeri 2 Satap Sabbang Kabupaten Luwu Utara. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri Palopo. Palopo.

Apsari, P. N., & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 7 (1), 161-170.

Erinawati, B. (2016). Pengembangan E-Modul Penggabungan Dan Pemberian Efek Citra Bitmap Kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Klaten. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Febrina, T., Leonard, & Astriani, M. M. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Matematika Berbasis Web . Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6 (1), 27-36.

Hidayah, N., Aisyah, & Dewi, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Adobe Flash Cs6 dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII di SMP Negeri 6 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 98-103.

MZ, Y. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Jurnal Teknik, 3 (1), 75-84.

Pandra, V. (2016). Efektivitas Pembelajaran Problem Solving Dalam Pembelajaran Teorema Phytagoras Kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau. Jurnal Perspektif Pendidikan, 10(2), 59-70.

Prabawati, R., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2019). Pengembangan LKS Berbasis PMRI Menggunakan Konteks Etnomatematika pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2), 73-79.

Purnamasari, N. L. (2020). Metode ADDIE pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Pena SD, 5 (1), 23-31.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika , 7 (1), 17-25.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Satriawati, H. (2015). Pengembangan E-modul Interaktif Sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Kelas X SMKN 3 Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Mekratronika Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia , 2 (2), 264-275.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningsih, S., & Annurwanda, P. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabe. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6 (1), 57-63.

Tege, M., Jampel, N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar . Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5 (2), 1-11.

Yazid, A. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif dengan Strategi TTW (Think-Talk-Write) pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Journal of Primary Education, 1 (1), 31-37.
Published
2022-12-30
How to Cite
Fitriani, D., Pandra, V., & Yanto, Y. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL BANGUN RUANG SISI DATAR MENGGUNAKAN KONTEKS KOTA LUBUKLINGGAU. JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION, 5(1), 9 - 21. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/jmse.v5i1.2545