Pelatihan Public Speaking Melalui Presentation Training untuk Mahasiswa: Bridging Technical Knowledge and Communication Competence

  • Maria Ramasari Universitas PGRI Silampari
  • Ardayati Ardayati Universitas PGRI Silampari
Keywords: Public Speaking, Communication Competence

Abstract

Pelatihan Public Speaking melalui Presentation Training untuk Mahasiswa: Bridging Technical Knowledge and Communication Competence bertujuan untuk meningkatkan kemampuan public speaking dan presentasi mahasiswa jurusan komputer agar mampu menyampaikan pengetahuan secara efektif dan komunikatif di hadapan publik. Pelatihan  dilaksanakan dengan metode learning by doing yang difokuskan pada praktik selama 4 kali  pertemuan. Jumlah peserta pelatihan adalah 52 mahasiswa. Hasil PPM yang ingin dicapai yaitu peningkatan signifikan dalam kemampuan berbicara di depan umum, penyusunan materi presentasi yang efektif, serta rasa percaya diri dalam menyampaikan ide teknis secara jelas dan menarik. tujuan khusus dari pelatihan ini adalah menyediakan ruang praktik dan umpan balik (feedback) bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan public speaking dan presentasi yang menarik dan terstruktur melalui metode drill. Kegiatan PPM ini melibatkan 3 orang mahasiswa Universitas PGRI Silampari  yang diharapkan dapat memberikan pengalaman diluar kampus bagi mereka tentang bagaimana mempersiapkan administrasi pelatihan, mempersiapkan materi dan perlengkapan, peningkatan soft skills seperti komunikasi, kepemimpinan, dan kerja tim serta melihat secara nyata proses pelatihan. Dengan diikutsertakan mereka dalam pelatihan ini, diharapkan mereka kelak memiliki keterampilan mumpuni untuk melaksanakan pelatihan dengan materi yang bermanfaat bagi masyarakat. Pengabdian ini juga memberikan dampak positif bagi dosen sebagai pelatihan yang terencana, dan berdampak pada masyarakat, yakni para peserta menjadi mahir dan percaya diri ketika berbicara di depan umum dalam bahasa Inggris karena telah melalui latihan yang terstruktur dan intensif serta sesuai dengan kebutuhan. Selain itu dosen juga menambah pengalaman berkoordinasi dengan mitra, bekerjasama, melakukan aktivitas pembelajaran bermanfaat tidak  hanya di dalam kampus tapi juga diluar kampus. Selain itu, Materi Presentation Training dapat dimanfaatkan oleh dosen sebagai bahan ajar pada Mata Kuliah Public Speaking. Skill Speaking ini juga akan dijadikan sebagai akar ilmu bagi dosen dalam melaksanakan penelitian, sehingga menjadi rangkaian tri dharma perguruan tinggi yang tidak terpisah.

References

Anderson, C. (2013). TED Talks: The Official TED Guide to Public Speaking. Houghton Mifflin Harcourt.

Carnegie, D. (2016). The Quick and Easy Way to Effective Speaking. Simon and Schuster.

DeVito, J. A. (2016). The Essential Elements of Public Speaking (5th ed.). Pearson.
Hybels, S., & Weaver, R. L. (2012). Communicating Effectively (10th ed.). McGraw-Hill Education.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational Behavior (17th ed.). Pearson Education.

Robles, M. M. (2012). Executive Perceptions of the Top 10 Soft Skills Needed in Today’s Workplace. Business Communication Quarterly, 75(4), 453–465. https://doi.org/10.1177/1080569912460400

Spitzberg, B. H., & Cupach, W. R. (2011). Interpersonal Communication Competence. SAGE Publications.


Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass.
Published
2025-12-04

Most read articles by the same author(s)