KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMA YAPIS MANOKWARI

  • Syahira Syahira STKIP Muhammadiyah Manokwari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar bahasa inggris siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment, pada siswa kelas X SMA Yapis Manokwari. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa, terdiri atas 30 siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas X2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda, angket motivasi belajar. Analisis data menggunakan uji Mann-whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan keefektifan penggunaan model pembelajaran discovery learning pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji beda Z = -3.815 pada tingkat signifikansi 0,000<0,05 serta hasil akhir motivasi belajar mendapat persentase 75% pada kelas eksperimen artinya efektif, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 62% artinya cukup efektif. (2) ada perbedaan keefektifan penggunaan model pembelajaran discovery learning pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol dalam meningkatkan hasil belajar bahasa siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji beda Z = -2.934 pada tingkat signifikansi 0,003<0,05 serta hasil belajar menunjukkan skor persentase 70% pada kelas eksperimen artinya efektif, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 61% artinya cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

References

Abrahamson, D., & Kapur, M. (2017). Reinventing discovery learning: a field-wide research program. Instructional Science, 46(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s11251-017-9444-y

Ardianto, A., Mulyono, D., & Handayani, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP. Inomatika, 1(1), 31-37.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Balqis, P., Ibrahim, N. U., & Ibrahim, S. (2014). Kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 2(1).

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hartoyo, 2000. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya Usaha Nasional.

Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh media pembelajaran google classroom dalam pembelajaran analisis real terhadap motivasi belajar mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50-59.
Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).

Sudjana, N. & Surjaman, T. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomoe 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Published
2021-06-30

Most read articles by the same author(s)