PERSEPSI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS TENTANG PENGGUNAAN AI DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan bahasa inggris STKIP Muhammadiyah Manokwari yang menggunakan AI sebagai metode pembelajaran bahasa inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran cukup membantu mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan menulis teks berbahasa Inggris. Language service ini mampu memberikan umpan balik (feedback) atas kualitas tulisan yang dibuatnya hanya dalam hitungan detik saja dengan demikian maka hasil dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi terhadap pemahaman mahasiswa terhadap penggunaan AI dalam kegiatan pembelajaran bahasa inggris.
References
Atika, N., & Amir MZ. Z. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Rme Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education. 2(2), 103-110.
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315-322.
Hartono, dkk. (2016). Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Penalaran Siswa Sekolah Menengah Pertama Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1)
Isrok`atun, Hanifah, N., & Sujana, A. (2018). Melatih Kemampuan Problem Posing Melalui Situation-Base Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Sumedang:Upi Sumedang Press.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Melianingsih, N., & Sugiman, S. (2015). Keefektifan pendekatan open-ended dan problem solving pada pembelajaran bangun ruang sisi datar di SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 211-223.
Offirstson, T. (2014). Aktivitas Pembelajaran Matematika Melalui Inkuiri Berbantun Software Cinderella. Yogyakarta: Deepublish
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.