OPTIMALISASI PELAYANAN PAUD HOLISTIK MELALUI PELATIHAN KADER DI DESA LEMAH MULYA KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN KARAWANG

  • Nelly Apriningrum Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Maria Alia Rahayu Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
Keywords: Holistik, PAUD, deteksi, penyimpangan, pertumbuhan, perkembangan, balita

Abstract

Pelayanan posyandu di Desa Lemah mulya sebagai unit kesehatan berbasis masyarakat yang ada selama ini masih berfokus pada pelayanan penimbangan berat badan, pemberian vitamin A dan pemberian imunisasi serta cenderung mengabaikan pemantauan perkembangan balita. Upaya pemerintah mengatasi permasalahan tersebut dengan memadukan program PAUD, posyandu dan BKB melalui Optimalisasi pelayanan PAUD Holistik yang bertujuan agar setiap balita mendapatkan pelayanan secara menyeluruh sesuai kebutuhan. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan memberikan pelatihan kepada para guru PAUD, kader posyandu dan BKB melalui pendekatan partispatif dari masyarakat. Hasil dari kegiatan pengabdian ini berupa terjalinnya kerjasama antar kader melalui pelayanan integrasi, peningkatan pengetahuan kader tentang pertumbuhan dan perkembangan balita, investasi SDIDTK kit serta implementasi Optimalisasi PAUD holistik di Desa Lemah mulya. Potensi tokoh masyarakat, kader dan warga masyarakat menjadi peluang terlaksananya kegiatan PAUD Holistik serta diharapkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

References

Alfiyanti D, Maryam, Rahayu, DA, IbM Taman Pintar Banana sebagai Upaya Optimalisasi Kualitas Balita Desa Rowosari Kecamatan Tembalang Kabupaten Semarang. Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian, Jurnal Unimus, 2014.

Cahyadi, C, Muthi’, A, Hestikasari, Jayanto, AH, Rudianto, E. (2015) Complete Training : Optimalisasi Program PaudHolistic Integratifpada Kader Bina Keluarga Balita (BKB) di Desa Jetu Kelurahan Tegal Gede Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar. PkM Unisula.

Dewi AC, Zahraini DA, Sabarini S. (2013). Desain Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif PAUD Non Formal. Jurnal Penelitian PAUDIA. 102-125.

Hidayati U, (2017). Pendidikan Holistik Integratif di Roudhotul Athfal.Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan. Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan, 2017, 241-262

Kementerian Kesehatan RI, (2016) . Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar, Jakarta.

Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Pokjanal, (2011). Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu. Jakarta. Kemenkes RI.

Septiani, N. (2008) Implementasi Kebijakan Revitalisasi Posyandu di Kabupaten Bekasi, Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Jakarta, Universitas Indonesia

Sihombing K, Kandarina I, Sumarni, 2015, Peran Lurah, Petugas Kesehatan dan Kader dalam Partisipasi Ibu Balita ke Posyandu di Wilayah Cakupan D/S Terendah dan Tertinggi di Kota Jambi, Jurnal Gizi dan Dietetika Indonesia. Vol 3 No 2 (87-97)

Sukesi, N., Rina, D. & Emilia, K., (2011). Tumbuh Kembang Anak di Posyandu Program Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK).

Suprapto, SP, 2012. Sistem Pembelajaran dalam keterpaduan program Bina Keluarga Balita , Pendidikan Usia Dini dan Posyandu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 19, No 1. 2012

Yuliani I, 2018. Pelatihan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) bagi para guru dan wali murid PAUD pada PAUD Baitunnur Gentan Sinduharjo Ngaglik Sleman. Jurnal Pengabdian Dharma Bhakti Volume 1 No 1.
Published
2018-12-30