BIMBINGAN BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR BERBASIS AJARAN TAMANSISWA DI DUSUN MUNGGUR

BIMBINGAN BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR BERBASIS AJARAN TAMANSISWA DI DUSUN MUNGGUR

  • Oktaviani Windra Puspita Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Mukhlish Mukhlish Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Widowati Widowati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Novita Sumarlin Putri Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Linda Azhari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Titik Nurjanah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstract

ABSTRAK

Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mendampingi Bimbingan Belajar Anak Sekolah Dasar Berbasis Ajaran Tamansiswa di Desa Munggur, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul. Metode pelaksanaan Blended Learning yaitu dengan menggunakan dua media yaitu  media  online  yaitu Google Meet dalam melaksanakan pra pembimbingan sebelum melaksanakan pendampingan belajar, dan media offline sebagai media untuk memberi pendampingan Bimbingan Belajar anak sekolah dasar dengan menerapkan ajaran taman siswa pada kegiatan belajar mengajar.

Hasil pengabdian ini adalah mendapatkan respon positif, baik dari peserta maupun masyarakat setempat. Anak-anak merasa lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran dan dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di sekolah. Selain itu, orang tua anak juga merasa terbantu dengan adanya kegiatan pengabdian ini karena dengan adanya kegiatan ini anak-anak mereka menjadi lebih mudah dalam menjalani proses pembelajaran online di sekolah.

 

 

ABSTRACT

This community service aims to assist the Tutoring of Elementary School Children which Based on Tamansiswa Precept at Munggur, Piyungan, Bantul Regency. The methodology of implementing Blended Learning is by using two media, namely Google Meet as online media in to give pre-guidance before doing mentoring of learning, and offline media is  for giving mentoring for elementary school children's tutoring by applying Tamansiswa precept in teaching and learning . The result of this service is getting a positive response, both from participants and the local community. It facilitates the children to understand the learning materials and to complete the tasks. In addition, It also helps the parents because this activity cause that the their children  can go through the online learning process at school easily.

 

KEYWORDS

 

Bimbingan Belajar, Anak Sekolah Dasar, Ajaran Tamansiswa.

 

Tutoring, Elementary School Children, Tamansiswa Teaching

 

References

Djumhur &Muhammad Surya. (2008). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. CV Ilmu.
Graham, C. R. (2004). Blended Learning Systems: Definition, Current Trends, and Future Directions.
Hasanah, A. (2018). Penerapan ajaran tamansiswa dalam pembelajaran matematika untuk membangun pemahaman konsep siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.
Hendarrita, Y., Indranurwati, A., & Purwanto, P. (2018). Model Pembelajaran Blended Learning dengan Media BLOG. https://doi.org/10.36078/1608363379
Prayitno dan Erman Amti. (1999). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Rineka Cipta.
Prayitno, W. (2015). Implementasi Blended Learning Dalam Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah. Widyaiswara LPMP.
Retnawati, H., Hadi, S., & Nugraha, A. C. (2016). Vocational High School teachers’ difficulties in implementing the assessment in curriculum 2013 in Yogyakarta Province of Indonesia. International Journal of Instruction, 9(1), 33–48.
Syaiful, B. (1994). Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru (Usaha Nasi).
Syamsu Yusuf & A. Juntika Nurihsan. (2005). Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya.
Wendy Ary, William, Helena Anggreani, Tjondro Sugianto, Aloysius, dan H. K. (2019). Pendampingan Literasi Finansial Rumah Tangga Masyarakat Dusun Kawan Kabupaten Bengkayang, Jawa Barat. Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Djumhur &Muhammad Surya. (2008). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. CV Ilmu.
Graham, C. R. (2004). Blended Learning Systems: Definition, Current Trends, and Future Directions.
Hasanah, A. (2018). Penerapan ajaran tamansiswa dalam pembelajaran matematika untuk membangun pemahaman konsep siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.
Hendarrita, Y., Indranurwati, A., & Purwanto, P. (2018). Model Pembelajaran Blended Learning dengan Media BLOG. https://doi.org/10.36078/1608363379
Prayitno dan Erman Amti. (1999). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Rineka Cipta.
Prayitno, W. (2015). Implementasi Blended Learning Dalam Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah. Widyaiswara LPMP.
Retnawati, H., Hadi, S., & Nugraha, A. C. (2016). Vocational High School teachers’ difficulties in implementing the assessment in curriculum 2013 in Yogyakarta Province of Indonesia. International Journal of Instruction, 9(1), 33–48.
Syaiful, B. (1994). Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru (Usaha Nasi).
Syamsu Yusuf & A. Juntika Nurihsan. (2005). Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya.
Wendy Ary, William, Helena Anggreani, Tjondro Sugianto, Aloysius, dan H. K. (2019). Pendampingan Literasi Finansial Rumah Tangga Masyarakat Dusun Kawan Kabupaten Bengkayang, Jawa Barat. Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Published
2022-06-03