ELECTRICITY RECOGNITION THROUGH SIMPLE EXPERIENCE IN PLAYGRUP A in TK MUSLIMAT NU XXX NAWA KARTIKA DESA BADERAN KEC GENENG KAB. NGAWI, JAWA TIMUR

  • Irna Tri Yuniahastuti Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Yussi Anggraini Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Yudha D.A.P Universitas PGRI Madiun, Indonesia

Abstract

Usia dini merupakan usia dimana anak mengalami masa keemasan, selain itu merupakan usia yang sangat menentukan dalam pembentukan karakter, kepribadian dan penyerapan informasi yang maksimal bagi seorang anak. Namun tidak semua anak memperoleh pengetahuan serta pendidikan yang layak bagi sebagian anak. Oleh sebab itu, pada penelitan ini mengambil topik tentang listrik sederhana yang aman bagi anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan listrik sejak dini kepada anak serta mengukur kemampuan anak setelah dilakukan pendampingan. Metode penelitian ini dilakukan dengan melakukan percobaan sederhana mengenai listrik statis. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan oleh guru kelas serta pengisian angket oleh peserta didik. Data dianalisis dengan melakukan uji-t untuk mengukur kemampuan peserta didik setelah dilakukan pendampingan. Hasil data didapatkan bahwa hampir seluruh peserta didik mengalami peningkatan pengetahuan setelah dilakukan pendampingan. Peningkatan tersebut antara lain, peningkatan pemahaman mengenai listrik statis, kesadaran anak tentang listrik serta menumbuhkan sifat berpikir kreatif pada anak. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran mengenalkan listrik statis pada anak TK.

References

Hasanah, U. (2016, Juni). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik melalui Permainan Tradisional bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1-5.
Jared Kengwe, G. O. (2009). A Technology Interaction Profesional Development Model for Practicing Teacher. Jounal technology and early childhood education, 37, 209-218.
Lestariningrum, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media VCD terhadapa Nilai-nilai Agama dan Moral Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 2(No 2), 201-212.
Novitawati. (2013). Kesiapan Sekolah Anak Taman Kanak-kanak berbasis Model Pembelajaran Sentra. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 109-132 Ed. 1.
Putra, I. L. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenak Angka dan Huruf untuk Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 169-178.
Putra, I. L. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Angka dan Huruf untuk Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(No 2), 169-178.
Sudibyo, E., W, W., & Suhartanti, D. (2008). Mari Belajar IPA 3. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Published
2019-06-30