PENDAMPINGAN PELATIHAN BERHITUNG CEPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA PADA SISWA SD DI ARFAI

PENDAMPINGAN PELATIHAN BERHITUNG CEPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA PADA SISWA SD DI ARFAI

  • Rahmatia Rahmatia STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Gilang Ary Sandy TKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Mokhammad Dedi Penta Putra TKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Revisika Revisika TKIP Muhammadiyah Manokwari

Abstract

Indonesia mengalami masa Pandemi Covid-19 sehingga mengharuskan siswa belajar dari rumah (study from home) yang membuat guru kesulitan dalam mengecek sampai sejauh mana siswa memahami materi terutama sejauh mana siswa mampu mengetahui operasi hitung. Hal ini mengakibatkan belajar dari rumah (study from home) tidak berjalan berjalan dengan optimal karena keterbatasan siswa dalam membuat siswa dalam memenuhi kuota internet, jaringan internet yang tidak memadai serta HP yang tidak semuanya siswa memilikinya. Sehingga dalam hal ini pengabdi akan memberikan pendampingan serta pelatihan tentang penggunaan Jarimatika untuk siswa dalam melakukan operasi hitung mulai dari bilangan 1 sampai 99. Jarimatika merupakan singkatan dari jari dan matematika yaitu cara berhitung matematika untuk anak-anak dengan menggunakan jari tangan. Metode yang digunakan pada kegiatan ini antara lain: 1) Metode observasi, dilakukan dengan melakukan mengobservasi para siswa, 2) Metode demonstrasi yang dilakukan pada saat menyajikan materi jarimatika, 3) Metode mengamati dan memeriksa hasil pekerjaan. Kegiatan ini terlaksana dengan baik dan diikuti oleh siswa SD. Dari hasil seluruh rangkaian kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa: (1) peserta didik memahami formasi jari tangan dan aturan penjumlahan, pengurangan dan perkalian dengan menggunakan jarimatika; (2) peserta didik merasa lebih mudah dan lebih cepat dalam menghitung operasi dasar dengan menggunakan jarimatika; (3) peserta didik memberikan respon positif terhadap kegiatan ini. Secara umum kegiatan ini memberikan pengetahuan baru kepada peserta didik tentang salah satu metode cepat dan menyenangkan untuk melakukan operasi hitung.

References

Asih, N. M. (2009). Penerapan metode jarimatika untuk meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas 1 dan 2 SDN 6 Sesetan, Denpasar Selatan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 16(1), 1-8.
Hamdunah., Fitri, D. Y., & Cesaria, A. Pelatihan jarimatika perkalian bagi guru-guru di SDN 02 Lubuk Buaya. Lemma, 1(1), 20-25.
Indah, R, P (2015). Efektivitas Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sekolah Dasar Kelas III, Duta.Com: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi 8(2).
Nasution, T. K., & Surya, E. (2015). Penerapan teknik jarimatika dalam upaya
meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian bilangan. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 239-272.
Natalia Elise, dkk (2022). Sehat dan Cermat di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Menggunakan Metode Jarimatika. Journal Intervensi Komunitas 3(2).
Rahmatia, R., Syahira, S., & Sajaril, A. E. (2020). Presepsi Siswa Dan Guru Terhadap Pembelajaran Daring Di Sma Yapis Manokwari Kelas XI. Visipena, 11(2), 334-351.
Rahmatia, R., & Armin, R. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Mistar Hitung pada Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 35-42.
Syaharuddin & Vera Mandailina. (2018), Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sd Menggunakan Metode Jarimatika. Journal of Character Education Society 1(1), 30-33.
Published
2022-06-03