PELATIHAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENGOPTIMALISASI PROSES PEMBELAJARAN DI FKIP UNIVERSITAS TAMANSISWA PALEMBANG

  • Malalina M. Universitas Tamansiswa Palembang, Indonesia
  • Rika Firma Yenni Universitas Tamansiswa Palembang, Indonesia
Keywords: Teknologi, google classroom, pembelajaran online

Abstract

Kemajuan teknologi Indonesia berkembang sangat pesat setiap tahunnya. Kemajuan teknologi tidak bisa dihindari dan berpengaruh secara tidak langsung dalam bidang pendidikan. Kemajuan teknologi dibidang Pendidikan yaitu penggunaan smartphone dalam pembelajaran. Salah satu media online yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah googleclassroom. Tujuan dalam kegiatan pengabdian masayarakat adalah untuk memberikan pengetahun bagaimana cara membuat google classroom dan melatih peserta menggunakan google classroom dalam proses pembelajaran. Masalah dalam kegiatan ini adalah dosen belum memanfaatkan aplikasi pembelajaran secara online yaitu google classroom untuk optimalisasi dalam proses pembelajaran. Selain itu, waktu proses pembelajaran yang dipergunakan dalam kurang optimal. Metode dalam kegiatan pengabdian  ini adalah ceramah, diskusi dan praktek langsung dengan simpulan peserta sudah dapat membuat dan menggunakan fitur-fitur yang ada pada google classroomdalam proses pembelajara serta adanya media pembelajaran google classroomdalam setiap mata kuliah yang diampu oleh setiap peserta dalam proses pembelajaran di FKIP Universitas Tamansiswa Palembang.

References

Anonim. 2018. Oxford DictionariesOnline. (https://www.oxforddictionaries.com/)

Herrington, A. (2008). Adult educators'' authentic use of smartphones to create digital teaching resources. In R. Atkinson & C. McBeath (Eds.), Annual Conference of the Australasian Society for Computers in Learning in Tertiary Education (pp. 414-418). Melbourne, Australia: Deakin University. ( https://ro.uow.edu.au/cgi/viewcontent.cgi?referer=https://www.google.co.id/&httpsredir=1&article=2009&context=edupapers)

Iftakhar, Shampa. (2016). Google Classroom: What Works and How?. Journal of Education and Social Sciences, 3 (feb), 12-18. (http://jesoc.com/wp-content/uploads/2016/03/KC3_35.pdf)

Izenstark, Amanda, and Katie L. Leahy. 2015. “Google Classroom for Librarians: Features and Opportunities.” Library Hi Tech News 32 (9):1–3. https://doi.org/10.1108/LHTN-05-2015-0039.

Kitchenham, A. (2011). Models for interdisciplinary mobile learning: delivering information to students. Hersey PA: IGI Global.

Ningsih, Sri. (2018). Smartphone dalam Pembelajaran dan PPK. Jateng pos (http://jatengpos.co.id/smartphone-dalam-pembelajaran-dan-ppk/)

Permana, Pepen. (2009). E-Learning, Sistem Manajemen Pembelajaran Online. (http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BAHASA_JERMAN/198002102005011-PEPEN_PERMANA/Artikel/PEPENPERMANA-Artikel-Elearning.pdf)

Waryanto, Nur Hadi. (2006) Online Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Pythagoras Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2 (Des), 10-23.

Wicaksono, Vicky Dwi dan Rachmadyanti, Putri. (2017). Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa.

Wikipedia. (2017). Google Classroom. (https://en. wikipedia.org/wiki/ Google_Classroom). (https://edu.google.com/intl/id_ALL/?modal_active=none)
Published
2018-12-30