SEMINAR DAN PELATIHAN PADA MAHASISWA TERKAIT IDENTIFIKASI ISU KEBIJAKAN DAN PENYUSUNAN POLICY BRIEF

  • Verto Septiandika Universitas Panca Marga
  • Imam Sucahyo Universitas Panca Marga
  • Andhi Nur Rahmadi Universitas Panca Marga
  • Nurul Jannah Lailatul Fitria Universitas Panca Marga

Abstract

Isu kebijakan publik dan permasalahan publik berkolerasi pada penyelenggaraan pemerintahan. Pembuatan dan pembentukan kebijakan yang tidak melakukan riset kebijakan dan berbasiskan bukti dalam pembuatan kebijakan menyebabkan kebijakan tidak berkualitas dan berdampak pada masyarakat. Kemampuan sumber daya manusia dibutuhkan dalam identifikasi isu kebijakan dan menyusun ringkasan kebijakan. Khusus dalam ringkasan kebijakan atau disebut policy brief merupakan konsep dalam pembuatan dan pembentukan kebijakan alternatif yang memberikan pengaruh sebagai media komunikasi dalam penentuan keputusan. Sehingga diselenggarakan kegiatan pengabdian pada tanggal 1-2 November 2022. Lokasi kegiatan di salah satu ruang pertemuan Universitas Panca Marga. Berdasarkan korelasi antara masalah dan metode serta solusi pada problematika yang dihadapi mitra, secara substansi gambaran kegiatan yang telah diselenggarakan dalam pengabdian ini meliputi: Seminar dengan materi isu kebijakan publik dan masalah kebijakan serta Pemaparan desain policy brief dan pelatihan action plan penyusunan policy brief. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berkontribusi dalam upaya peningkatan kesadaran dan kepercayaan diri para mahasiswa Prodi Administrasi Publik FISIP Universitas Panca Marga dalam penyusunan hasil riset dan kajian kebijakan publik dalam bentuk rekomendasi kebijakan publik di daerah relevan dengan kewenangan unit kerja.

References

Badan Peneliti dan Pengembangan Provinsi Jatim (2019) ‘Panduan Penulisan Ringkasan Kebijakan (Policy Brief)’, in Buku Policy Brief. Surabaya: Badan Penelitian Dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur, pp. 5–10.

Irawati, E. et al. (2017) Modul pelatihan lanjutan analisis kebijakan. Jakarta: LAN RI.

Makhya, S. and Mukhlis, M. (2021) ‘Pendampingan Identifikasi Isu Kebijakan dan Penyusunan Policy Brief bagi Pejabat Eselon III Pemerintah Kabupaten Way Kanan’, Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), pp. 351–362.

Nugraha, M. T., Pandi, A., Supiana, S. and Zaqiah, Q. Y. (2021) ‘Formulasi Kebijakan Pendidikan di Pondok Pesantren Hidayatul Muhsinin Kubu Raya’, Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), pp. 36–43.

Ramadanti, V. (2020) ‘Kebijakan Berbasis Bukti (Based Policy Evidence) Dalam Perencanaan Pembangunan Di Kota Makassar (Studi Kasus Pada BAPPEDA Kota Makassar)’, E-prints (Universitas Negeri Makassar), 1(1).

Safitri, U., Nuarizal, A. and Gistituati, N. (2021) ‘Urgensi analisis kebijakan’, JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), p. 72. doi: 10.29210/3003818000.

Supriyono, B. (2020) ‘Isu-Isu Kebijakan Publik Kontemporer’, Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 5(2), pp. 83–89. Available at: https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/public-inspiration.
Published
2022-12-14