Workshop Pengenalan Materi Ajar Peluang Berbasis Media Microlearning
Abstract
Pemanfaatan media pembelajaran sejalan dengan pesatnya kemajuan teknologi, sehingga membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk strategi penyampaian materi ajar kepada peserta didik. Microlearning merupakan metode pembelajaran yang menyajikan materi dalam bagian kecil sehingga mudah dipahami oleh peserta didik. Berdasarkan beberapa hasil penelitian masih terdapat permasalahan dalam konsep peluang. Melalui media microlearning, diharapkan permasalahan ini dapat teratasi. Kegiatan workshop ini dilakukan secara daring, bertujuan untuk memperkenalkan media microlearning, dan memberdayakan guru untuk megembangkan materi ajar matematika berbasis media microlearning, sehingga menjadi karya inovatif bagi guru. Materi workshop meliputi pengenalan media microelarning, pemberian contoh materi matematika berbasis media microlearning, yakni komik dan video pembelajaran materi peluang. Peserta workshop adalah mahasiswa pendiidkan keguruan dan guru matematika di Provinsi Selatan. Kegiatan ini menghasilkan materi ajar matematika berbasis microlearning sebagai karya inovatif pembelajaran peserta workshop. Kegiatan workshop ini diharapkan dapat berkontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematka di era digital.
References
Batanero, C., & Álvarez-Arroyo, R. (2024). Teaching and learning of probability. ZDM - Mathematics Education, 56(1), 5–17. https://doi.org/10.1007/s11858-023-01511-5
Dolasinski, M. J., & Reynolds, J. (2020). Microlearning: A New Learning Model. Journal of Hospitality and Tourism Research, 44(3), 551–561. https://doi.org/10.1177/1096348020901579
Hiltrimartin, C., Hartono, Y., & Indaryanti, I. (2022). Development of Student Activities in Algebra based on Problem Solving in Middle School.
Junaeti, E., Piantari, E., Fathimah, N. S. A., Arianti, A. S., Riza, L. S., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Pembelajaran Daring: Strategi Pelatihan dalam Penyusunan Modul Digital Berbasis Microlearning. UN PENMAS (Jurnal Pengabdian Masyarakat untuk Negeri), 4(1), 12-23. 10.29138/un-penmas.v4i1.2729
Kurnianingsih, R. S., Putri, R. I. I., & Hartono, Y. (2023). Teaching Probability using Snakes and Ladders Games in Middle School https://doi.org/10.5220/0009995000002499
Malalina, Indra Putri, R. I., Zulkardi, & Hartono, Y. (2024). Developing mathematics teaching materials using maritime context for higher-order thinking in junior high school. In Journal on Mathematics Education (Vol. 15, Issue 1, pp. 173–190). Sriwijaya University. https://doi.org/10.22342/jme.v15i1.pp173-190
Mawardi, D. N., & Fitriyana, N. (2024). Pelatihan penyusunan modul ajar kreatif untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di SD Negeri Mulyosari. Jurnal Cemerlang: Pengabdian pada Masyarakat. 6(2), 390–398. https://doi.org/10.31540/jpm.v6i2.3426
McNeill, L., & Fitch, D. (2023). Microlearning through the Lens of Gagne’s Nine Events of Instruction: A Qualitative Study. TechTrends, 67(3), 521–533. https://doi.org/10.1007/s11528-022-00805-x
Mulyono, D., Elly, A., Andriani, N., & Yulizah, Y. (2024). Workshop Optimalisasi Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Canva di SD Negeri 4 Muara Pinang. JURNAL CEMERLANG : Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 198–207. https://doi.org/10.31540/jpm.v7i1.3222
Putri, D. S., Hiltrimartin, C., Hartono, Y., & Indaryanti, I. (2022). Development of Student Activity Sheets for System of Linear Equation Two Variables Based on Problem Solving in Junior High School. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220403.009
Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2020). Designing piSA-like mathematics task using Asian games context. Journal on Mathematics Education, 11(1), 135–144. https://doi.org/10.22342/jme.11.1.9786.135-144
Sakiman, N. K., Putri, R. I. I., Zulkardi, Z., Susanti, E., Hartono, Y., & Nusantara, D. S. (2023). The context of Prabumulih Market Snacks as a support in learning probability material. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 9(2), 154-166. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v9i2.20336
Zulkardi, Z., Putri, R.I.I., & Wijaya, A. (2020). Two decades of realistic mathematics education in Indonesia. Internasional reflecttions on the Netherlands didactics of mathematics: Visions on and experiences with Realistic Mathematics Education, 325 – 340. https://doi.org/10.1007/978-3-030-20223-1_18
Jurnal Pengabdian Masyarakat by http://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.