Transformasi Digital Adopsi Software As A Service Layanan Cloud Accounting dan Pemasaran Go Digital Sebagai Strategi Efisiensi Operasional dalam Meningkatkan Laba Pelaku Usaha Penyandang Disabilitas
Abstract
Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat ini adalah meningkatkan efisiensi operasional dan keuntungan usaha pelaku penyandang disabilitas melalui penerapan Software as a Service (SaaS) berbasis cloud accounting serta strategi pemasaran digital. PKM ini berfokus pada peningkatan kapasitas digital dan kemandirian ekonomi pelaku usaha di Kota Lubuklinggau, yang masih menghadapi kendala seperti pencatatan keuangan manual dan pemasaran yang belum optimal. Melalui sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi, tim pelaksana memperkenalkan SaaS untuk pencatatan keuangan otomatis, efisien, dan real-time, serta pelatihan Go Digital Marketing untuk memperluas jangkauan pasar melalui media sosial dan platform digital. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan literasi digital, keterampilan akuntansi berbasis teknologi, dan kemampuan promosi daring peserta. Program ini tidak hanya membantu pelaku usaha meningkatkan laba dan efisiensi operasional, tetapi juga menumbuhkan kemandirian, kepercayaan diri, dan daya saing ekonomi penyandang disabilitas, sehingga berkontribusi pada pengembangan ekonomi inklusif berbasis teknologi.
References
Fatmaningrum, S. R., Susanto, S., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian minuman Frestea. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(1), 176–188.
Hendriadi, A. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 4(2), 120–125.
Julita, J., Oktariyani, A., Atika, Darminto, Handayani, S. R., Harahap, S. S., Ardian, A. V., Andini, R., Raharjo, K., Efendi, A. F. W., Wibowo, S. S. A., Suharsimi, A., Ginting, M. C., Kasmir, Subramanyam, W., John, J., Ardiyanto, F. D., Hapsari, E. I., Widati, L. W., … Rahar, K. (2014). analisa laporann keuangan. In Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil (Vol. 3, Issue 1). http://www.mendeley.com
Mawarningsih, H., & Trustisari, H. (2024). LITERATURE REVIEW: TANTANGAN SERTA SOLUSI PENYANDANG DISABILITAS UNTUK MENDAPATKAN PERLINDUNGAN PEMENUHAN HAK PEKERJAAN. JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH, 2(3), 976–983.
Mokwena, S., & Hlebela, C. (2018). Factors affecting the adoption of software as a service in South African small medium enterprises. 2018 Open Innovations Conference (OI), 1–6.
Mumpuniati, M. (2016). Pembentukan Karakter Mandiri Bagi Penyandang Disabilitas Kecerdasan Dalam Kapasitas Kemanusiaan. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 4(1), 59–66.
O’Brien, J. A., & George, M. (2014). Marakas. Management Information System. Management Information Systems, 34.
Pradesa, E., Sakti, R. E., & Putri, M. A. (2024). Increasing SMEs Productivity Through Digital Transformation Adoption of Software as a Service and Development of Entrepreneurial Attitudes. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 1349–1360.
Pradesa, E., Syahrani, T., & Sakti, R. E. (2023). Transformasi Digital Adopsi Software as a Service Layanan Cloud Accounting Oleh UMKM. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 1669–1682.
Priansa, D. J. (2017). Manajemen Kinerja Kepegawaian dalam Pengelolaan SDM Perusahaan. In Cetakan ke-1 (pp. 251–252).
Purinami A, G., Apsari, N., dan Mulyana, N. (2018). Penyandang Disabilitas Dalam Dunia Kerja. . Vol. 1(3): 234- 244. Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(3), 234–244.
Raghavan R, S., KR, J., & Nargundkar, R. V. (2020). Impact of software as a service (SaaS) on software acquisition process. Journal of Business & Industrial Marketing, 35(4), 757–770.
Rarasati, D. P., & Pradiani, T. (2018). Pengaruh iklan media sosial dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk bagi pelanggan alfacart. com.
Seethamraju, R. (2015). Adoption of software as a service (SaaS) enterprise resource planning (ERP) systems in small and medium sized enterprises (SMEs). Information Systems Frontiers, 17, 475–492.
Tasmil, T. (2015). Penerapan Model TAM untuk Menilai Tingkat Penerimaan Nelayan terhadap Penggunaan GPS. Pekommas, 18(3), 222361.
Wastutiningsih, S. P., & Dewi, T. P. (2019). Pemberdayaan masyarakat berbasis pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah di era revolusi industri 4.0. Journal of Extension and Development, 1(2), 90–96.
Wijoyo, H., & Widiyanti, W. (2020). Digitalisasi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Era Pandemi COVID-19. Seminar Nasional Kahuripan, 10–13.
Zulfa, A. (2024). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling di Forum Komunikasi Disabilitas Kudus (FKDK). At-Taujih: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 107–116.

Jurnal Pengabdian Masyarakat by http://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






