URGENSI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENCAPAI TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Yeni Asmara STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia
  • Dina Sri Nindianti Universitas PGRI Palembang, Indonesia
Keywords: Manajemen kelas; tujuan pembelajaran

Abstract

Manajemen kelas merupakan tolak ukur untuk mencapai apa yang menjadi tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien pada proses pendidikan , pada umumnya tujuan pendidikan dikatakan telah tercapai apabila telah terlaksananya secara baik manajemen kelas dalam sekolah itu sendiri. Manajemen kelas diartikan sebagai suatu upaya yang dilakukan oleh guru sebagai manajer kelas dalam mengelola siswa yang berada di dalam kelas yang dilakukanuntuk merancang atau mendesain sehingga mampu menciptakan dan sekaligus dapat mempertahankan suasana yang menyenangkan, menimbulkan motivasi siswa untuk selalu ikut aktif terlibat pada saat proses pembelajaran berlangsung di lingkungan kelas sehingga suasana kondusif seperti itu akan dapat membantu dalam menunjang keberhasilan program pengajaran yang telah direncanakan sebelumnya. Penulisan artikel yang bersifat hasil pemikiran penulis, maka metode penulisan yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kepustakaan atau literature yaitu dengan menggali informasi dari artikel atau buku teks yang relevan dengan masalah yang dibahas. Dengan demikian urgensi dari manajemen kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan yaitu (1) Kegiatan manajerial yang di dalamnya mengupayakan agar dapat melakukan sebuah kegiatan yang mampu menciptakan dan memelihara kondisi pembelajaran yang kondusif sehingga tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya dapat tercapai secara efektif dan efisien. (2) Implementasi manajemen kelas yang meliputi kegiatan dalam mengorganisasikan kelas, melakukan pemiliharaan keindahan dan kebersihan ruangan belajar, pengaturan tempat duduk siswa, pengaturan alat-alat pelajaran yang kesemua itu diperlukan peran guru yang besar dalam manajemen kelas tersebut. (3) Dalam pengelolaan kelas diharapkan dapat membangkitkan pola tingkah laku guru dalam meningkatkan mutu pendidikan yang meliputi kualitas pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan guru dan kondisi siswa, guru diharapkan juga mempunyai penguasaan yang berkaitan dengan kurikulum dan pemilihan serta penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan peserta didik.

References

Abdurrahman., 2004. Pengelolaan Pengajaran. Ujung Pandang : Bintang Selatan.

Ahmadi, Abu,dkk.1991. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Ali, Muhammad. 2008. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Arikunto, Suharsimi,dkk. 2010. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta. Rineka Cipta.

Djamarah, Bahri, Syaiful. 2006. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mulyasa, E. 2012. Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi, Dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari.2003. Metode Penelitian Bidang Sosial. Gajah Mada Universitas Press.

Padmono, Y. 2011. Manajemen Kelas. Salatiga: Widyasari.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Bandung:Kencana.

Sudirman N, dkk. 2007. Ilmu Pendidikan. Bandung : Remadja Karya.

Yamin, Martinis., dkk. 2009. Manajemen Pembelajaran Kelas Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada Press.

Zamroni. 2013. Manajemen Pendidikan Suatu Usaha Meningkatkan Mutu Sekolah. Yogyakarta:Ombak. Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta:Rineka Cipta.
Published
2019-01-29
How to Cite
Asmara, Y., & Nindianti, D. (2019). URGENSI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENCAPAI TUJUAN PEMBELAJARAN. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(1), 12-24. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.192