Penerapan Model Problem Based Learning Berbatuan Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah
Abstract
This article discusses the application of the problem based learning model assisted by wordwall media to improve students' critical thinking skills in history subjects at SMAN 2 Palembang. The research method used was classroom action research carried out in 2 cycles. Data collection uses observation sheet instruments, written tests and student worksheets. The results of the research showed that there was an increase in students' critical thinking skills, which in cycle 1 was 39.53% and in cycle 2 it was 83.72%.
References
Fitri, M. N. A., Ridha, M. R., & Baeti, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA 2 Gowa pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 698–706.
Hutauruk, A. F. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sma Erlangga Pematangsiantar. Jasmerah: Journal of Education and Historical Studies, 1(2), 31. https://doi.org/10.24114/jasmerah.v1i2.13088
Indonesia, U. P., Danial, E., Indonesia, U. P., Masyitoh, I. S., & Indonesia, U. P. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Critical Thinking Peserta Didik pada Materi Perumusan Dasar Negara Pancasila.
No, V., Asyiah, N., & Cirebon, U. M. (2020). JurnalCakrawala Pendas IMPLEMENTASI STRATEGI 5R UNTUK MENGOPTIMALKAN KETERAMPILAN ABAD 21 MAHASISWA PGSD Pendahuluan Situasi abad 21 sering kali diidentifikasi masyarakat informasi , yang ditandai oleh sistem pembelajaran berbasis digital , selain itu jug. 6(1), 56–62.
Ontowijoyo, A. S., Nurhayati, S., Wardani, S., & Haryani, S. (2022). Chemistry in Education Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Penerapan Problem Based Learning Berpendekatan Flipped Classroom Pada Materi Hidrolisis. Chemined, 11(2), 151–157. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined
Pendidikan, J. (2024). Cendikia Cendikia. 2(3), 454–474.
Rahmah, L. A., Soedjoko, E., & Suneki. (2019). Model Pembelajaran PBL Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas X SMAN 7 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 2, 807–812. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29271
Sukowati, V. P., & Harjono, N. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10641–10646. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3212
(Shoimin, 2014, hlm. 37). (2023). Jurnal Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2 No.2 Juli, Tahun 2008, 3(2), 79–92.