Interferensi Morfologi dalam Karangan Narasi Mahasiswa Thailand Semester IV Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang

  • Mutoharoh Mutoharoh Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Agus Sulaeman Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Goziyah Goziyah Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: interferensi morfologi, karangan narasi, mahasiswa Thailand

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk interferensi morfologi bahasa Melayu Thailand terhadap bahasa Indonesia dalam karangan narasi mahasiswa Thailand semester 4 yang menempuh pendidikan Strata 1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tangerang. Untuk menemukan interferensi morfologi dalam karangan narasi, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan dianalisis dengan metode analisis isi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi berupa hasil karangan narasi tujuh mahasiswa Thailand, dari data yang diperoleh peneliti menganalisis bentuk-bentuk interferensi dari bentuk afiksasi, reduplikasi, dan pemajemukan dalam bahasa Indonesia. Teknik analisis data dengan langkah-langkah: teknik analisis isi dimulai dengan menentukan masalah penelitian, kategorisasi, interpretasi, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian terdapat interferensi pada karangan narasi mahasiswa Thailand semester IV PBSI FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang. Di dalam karangan yang mahasiswa buat, terlihat  mahasiswa  masih menggunakan bahasa Melayu dalam berkomunikasi secara lisan maupun tulisan.  Temuan penelitian ini, juga menunjukkan  bahwa banyaknya kata yang terinterferensi pada bentuk afiksasi kategori prefiks, sufiks, kombinasi afiks, konfiks, reduplikasi, dan komposisis sedangkan pada afiks kategori infiks tidak terdapat interferensi. Bentuk yang sering terinterferensi adalah pada bentuk afikasisi kategori prefiks, konfiks, dan komposisi dari ke enam karangan mahasiswa.

Kata kunci: interferensi morfologi, karangan narasi, mahasiswa Thailand

  

Abstract

The objective of this research was to describe the forms of morphological interference of Thai Malay to Indonesian in the narrative of Thai students of the 4th semester who studied in Strata 1 Indonesian Language and Literature Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah Tangerang University. To find morphological interference in narrative essay, the researcher uses qualitative descriptive method, and analyzed by content analysis method. Data collection techniques used documentation techniques in the form of a narrative of seven Thai students, from data obtained by researchers analyzing the forms of interference from the form of affixation, reduplication, and compounding in the Indonesian language. Data analysis techniques with steps: content analysis techniques begin by determining research problems, categorization, interpretation, and conclusions. Based on the result of the research, there is interference on student narration of Thailand semester IV PBSI FKIP, Muhammadiyah Tangerang University. In the essay that the students make, it is seen that students still use Malay language in communicating orally and in writing. The findings of this study also show that the number of interferenced words in the form of affixation of categories of prefixes, suffixes, affix combinations, confix, reduplication and compositions whereas in the affix of the infix category there is no interference. Frequently interfered forms are in the form of affiliation categories of prefixes, confixes, and compositions of the six student compositions.

Keywords: morphological interference, narrative essay, Thai college students

Author Biographies

Mutoharoh Mutoharoh, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Dosen pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Agus Sulaeman, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Dosen Tetap pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Goziyah Goziyah, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Dosen Tetap pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muhammadiyah Tangerang

References

Alwasilah, K. (2010). Linguistik Suatu Pengantar. Bandung: Angkasa.

Artana, I Nyoman Rauh. (2015). Interferensi Pemahaman Struktur Kalimat Bahasa Indonesia oleh Mahasiswa Jepang dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi, Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana Denpasar. Diakses 6 November 2017. http://erepo.unud.ac.id/5000/1/bd93d7513fdc52b14e9c9628f13568e9.pdf

Brown, H. D. (2008). Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Kedubes USA: Pearson Education. Inc.

Chaer, Abdul dan Agustina, Leonie. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. (2008). Morfologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, Abdul. (2010). Interferensi Sintaksis Bahasa Indonesia terhadap Bahasa Jerman dalam Karangan Mahasiswa Jurusan Sastra Jerman pada Mata Kuliah Aufsatz I. Diakses pada 5 November 2017. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sastra-jerman/article/view/7050

Kosasih, E. (2003). Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Yrama Widya.

Lamuddin, Finoza. (2010). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Muslich, Masnur. (2008). Tata Bentuk Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurhadi, Rokhan. (2010). Dimensi-Dimensi dalam Belajar Bahasa Kedua. Bandung: Sinar Baru.

Ramlan. (2009). Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV. Karyono.

Suindratini, Dewa Ayu Nyoman dkk. (2013). Interferensi Bahasa Bali dan Bahasa Asing dalam Cerita Lisan Bahasa Indonesia Kelas VII Siswa SMP Negeri 10 Denpasar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2. https://media.neliti.com/media/publications/206938-interferensi-bahasa-bali-dan-bahasa-asin.pdf

Suparno dan Yunus, Mohamad. (2008). Keterampilan Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, Henry Guntur. (2009). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Published
2018-06-27
How to Cite
Mutoharoh, M., Sulaeman, A., & Goziyah, G. (2018). Interferensi Morfologi dalam Karangan Narasi Mahasiswa Thailand Semester IV Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(1), 84-97. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.10