Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Menyimak Teks Laporan Hasil Observasi dengan Articulate Storyline di SMAN 3 Bantul Tahun Ajaran 2021/2022
Abstrak
Media pembelajaran menyimak teks laporan hasil observasi yang selama ini digunakan masih bersifat audio visual yang bersumber dari Youtube. Hal ini membuat siswa kesulitan jika ingin mempelajari materi sebelumnya sehingga dibutuhkan media yang menarik dan bisa dipelajari secara berulang kali dengan digunakannya articulate storyline. Untuk itu, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil pengembangan media pembelajaran keterampilan menyimak teks laporan hasil observasi dengan articulate storyline di SMAN 3 Bantul, Tahun Ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian dilakukan di SMAN 3 Bantul. Subjek yang digunakan siswa kelas X IPS 2 berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran interaktif articulate storyline versi html5 dan aplikasi android bernama Media Belajar Bahasa Indonesia; 2) kualitas media pembelajaran interaktif articulate storyline, berdasarkan hasil penilaian dari ahli media sebesar 95% dan ahli materi 92,5%, sehingga dikategorikan sangat layak/valid; 3) ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran articulate sroryline sebesar 94% dikategorikan sangat baik; dan 4) keefektivan media articulate storyline setelah dilakukan ujicoba yaitu sebesar 81,64 N gain dan dikategorikan efektif.
Referensi
Ambarawati, N. K. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Pendekatan Integratif. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 5(1). doi:10.26418/jpp.v5i1.40638
Nugraheni, T. D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X di SMK Negeri 1 Kebumen. Thesis, Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32545
Nurhayati, I. (2010). Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita terhadap Kemampuan Menyimak Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 54-59. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/36
Prathamie, R. R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Menyimak pada Materi L'identité Menggunakan Adobe Flash Cs6 Berbasis Mobile Application Bersistem Operasi Android untuk Siswa Kelas X. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/29866/
Rosita, R., Fadiawati, N., & Jalmo, T. (2017). Efektivitas E-Book Interaktif Sistem Pencernaan Manusia untuk Menumbuhkembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 5(2), http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/11689
Sapitri, D. & Bentri, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA. Inovtech: Innovation Technology Education, 2(1), 1-8. http://inovtech.ppj.unp.ac.id/index.php/inovtech/article/view/115
Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. doi:10.23917/warta.v19i3.2842
Suardinata, I. K. (2021). Unit Kegiatan Belajar Mandiri Jitu Pembelajaran Daring Bermutu di Masa Pandemi. Strategy : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 1(1), 17–23. doi:10.51878/strategi.v1i1.287
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherli, dkk. (2017). Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Trisnawati, T., Puastuti, D., & Sholeha, L. (2020). Pemilihan Media Pembelajaran Terbaik Sebagai Sarana Pembelajaran yang Efektif Menggunakan Metode SAW. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 72–84. doi:10.21831/jpipfip.v13i1.30474
Ulfah, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Menulis Teks Cerpen. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4(1). doi:10.21067/jibs.v4i1.1946
Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operational. Jakarta Timur: PT Bumi Akasara.
Yumini, S. & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 845-849. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/12673