Pengaruh Strategi Student Created Studies terhadap Kemampuan Menemukan Pokok-Pokok Berita Siswa Kelas VIII SMPIT Boarding School Darussalam
Abstract
Masih rendahnya kemampuan menemukan pokok-pokok berita sehingga dibutuhkan strategi pembelajaran yang inovatif dan menarik, salah satunya yaitu strategi student created studies. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi student created studies terhadap kemampuan menemukan pokok-pokok berita siswa Kelas VIII SMPIT Boarding School Darussalam. Penelitian ini menggunakan eksperimen murni. Dengan desain yang digunakan control group pretes dan postes. Populasi dalam penelitian ini adalah Kelas VIII SMPIT Boarding School yang berjumlah 61 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, maka didapat kelas VIII. B terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.A terpilih sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pengaruh teknik peer editing sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dengan teknik diskusi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berbentuk uraian. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretes adalah 56,29 dan postes 77,58 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretes adalah 59,67 dan postes 65,17. Berdasarkan uji t tes untuk postes pada taraf signifikan α = 0,05 didapat thitung = 4,83 dan ttabel = 2,00. Karena thitung lebih besar ttabel, maka diperoleh simpulan bahwa teknik student created studies berpengaruh terhadap kemampuan menemukan pokok-pokok berita siswa Kelas VIII SMPIT Boarding School Darussalam.
Kata kunci: pengaruh, strategi student created studies, pokok-pokok berita
Abstract
Still low ability to find the main points of the news so it takes innovative and interesting learning strategies, one of which is the strategy of student created studies. This study was done to examine the effect of student created studies strategy on the ability to publish the principal items of eighth grade students of SMPIT Boarding School Darussalam. This research used true-experimental method. The population in this research was eighth grade students of SMPIT Boarding School which consisted of 61 students. Sampling was taken by using simple random sampling technique, then obtained class VIII. B was selected as the experimental class and class VIII.A was selected as the control class. The experimental class uses the influence of peer editing technique while the control class uses conventional learning with discussion technique. Technique of collecting data was technique of form of description. In the experimental class the average pretest score was 56.29 and postes 77.58 whereas in the control class the mean pretest score was 59.67 and postes 65.17. Based on the t test for postes at significant level α = 0.05 obtained thitung4,83 and ttable = 2,00. Because tobtain greater than ttabel, it was concluded that student created studies technique has an effect on the ability of find the headlines of eighth grade students of SMPIT Boarding School Darussalam.
Keywords: influence, student created studies strategy, headline
References
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Farida. (2007). Membaca adalah Sesuatu yang Kompleks. Jakarta: Pres Media.
Gunawan, Hendra. (2012). Pengaruh Strategi Student Created Studies dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur Instrinsik Hikayat Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Jambi. Skripsi. Jambi: FKIP Universitas Jambi.
Hermawan. (2006). Teknik Mencari dan Menulis Berita. Semarang: Dahar Prize.
Nopitasari, Anggun dkk. (2012). Pengaruh Metode Student Created Case Studies disertai Media Gambar terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(3), https://media.neliti.com/media/publications/119725-ID-pengaruh-metode-student-created-case-stu.pdf
Nurhadi. (2016). Teknik Membaca. Malang: Bumi Aksara.
Priyatni, Tri Endah & Nurhadi. (2017). Membaca dan Literasi Kritis. Tanggerang: Tsmart.
Rusman. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Silberman, Mel. (2007). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trimansyah. (2003). Jurnalistik untuk Remaja. Jakarta: Ganesa.