Pengaruh Model Pembelajaran Writing in the Here and Now dalam Menulis Bahan Ajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP PGRI Lubuklinggau

  • Marianita Marianita STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Artati Artati STKIP PGRI Lubuklinggau

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran writing in the here and now dalam menulis bahan ajar mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Indonesia STKIP PGRI Lubuklinggau tahun akademik 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen murni dengan desain bentuk pretest dan post test group desain. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes. Teknik analisis data dimulai dengan uji normalitas data, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran writing in the here and now dalam menulis bahan ajar mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Indonesia STKIP PGRI Lubuklinggau tahun akademik 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dengan nilai ttabel dengan dk yaitu 60. Dengan demikian, thitung (5,37) lebih besar dari ttabel (2,00) untuk taraf signifikan 5% dengan dk = 60. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata kunci: pengaruh, model writing in the here and now, menulis bahan ajar

 

Abstract 

The objective of this research was to know the effect of learning model of writing in the here and now in writing the material of student semester VI Indonesia Language Education Study Program STKIP PGRI Lubuklinggau academic year 2017/2018. The type of research used is pure experimental method with pretest shape design and post test group design. Technique of collecting data with test technique. Data analysis technique begins with data normality test, homogeneity test, and t test. Based on the results of research can be proved that there is a significant influence of learning model writing in the here and now in writing teaching materials students semester VI Indonesia Language Education Study Program STKIP PGRI Lubuklinggau academic year 2017/2018. This is shown by ttable value with dk that is 60. Thus, tcount (5,37) is bigger than ttable (2.00) for 5% significant level with dk = 60. This means Ho is rejected and Ha accepted.

Keywords: effect, model writing in the here and now, writing materials

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Komaruddin, Hidayat. (2007). Active Learning. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Noermanzah, N. (2015). Peran Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Mempertahankan Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia pada Era Globalisasi. In Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, p. 274. http://repository.unib.ac.id/11133/

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogyakarta: Diva Press.

Silberman, Mel. (2011). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suyatinah. (2003). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wulandari, Rina Septi. (2012). Penggunaan Model Pembelajaran Writing In The Here and Now untuk Meningkatkan Hasil Belajar tentang Materi Menulis Siswa Kelas III SDN Ampeldento 2 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang. http://eprints.umm.ac.id/29072/1/jiptummpp-gdl-rinaseptiw-30163-1-pendahul-n.pdf.

Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Published
2018-06-30
How to Cite
Marianita, M., & Artati, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Writing in the Here and Now dalam Menulis Bahan Ajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP PGRI Lubuklinggau. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(1), 174-188. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.22