PENGEMBANGAN MODEL PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA KERARIFAN LOKAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SMA
Abstract
Tujuan artikel ini adalah mendeskripsikan pengembangan model penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema kearifan lokal berbasis pendidikan karakter untuk SMA. Artikel ini termasuk dalam gagasn konseptual dengan menggunakan metode studi pustaka. Aktivitasnya mencakup mengumpulkan informasi yang relevan dengan topik penelitian. Informasi dapat didapatkan dari buku dan karya tulis ilmiah. Pendidikan karakter dan pengenalan nilai-nilai Pancasila menjadi landasan utama dalam membentuk kepribadian siswa. Dalam konteks ini, artikel mengeksplorasi strategi yang dapat memperkuat pemahaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila, khususnya melibatkan konsep kearifan lokal sebagai titik sentral. Hasil pengembangan model penguatan profil pelajar Pancasila yaitu mendeskripsikan tentang (1) nilai karakter yang dikembangkan di SMA, (2) pendidikan karakter dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA bertema kearifan lokal, dan (3) kelebihan dan kekurangan penerapan pendidikan karakter pada kegiatan P5. Dengan demikian, model penguatan profil pelajar Pancasila ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan karakter siswa SMA, memperkenalkan kembali kearifan lokal yang dimiliki oleh kota Kediri dan dapat menciptakan individu yang berkualitas dan memiliki identitas kebangsaan yang kuat.
References
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (online), (http://www.inherent-dikti.net/files/sisdiknas.pdf), diakses 10 September 2023).
Hanina, Supiatman, Lis, Aryni Yen. 2021 Pendidikan Karakter Anak Dalam Keluarga. Jurnal Rambate 1 (2): 141-149.
Kemendikbud. 2022. "Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila". Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman 1-136.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pendidikan Karakter di sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Munjiatun. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan 6 (2): 334-349.
Noor, Rohinah M. 2011. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Nufus, H., Subyantoro, S., & Pristiwati, R. 2022. Pemanfaatan Media Pembelajaran Blog dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Feature Mahasiswa. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 5(2), 423-432. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v5i2.1978
Omeri, Nopan, 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan, Jurnal Manejer Pendidikan, 9(3): 464-468.
Samami, Muchlas. 2016. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudrajat. 2010. Tentang Pendidikan Karakter, (online), (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/08/20/pendidikan-karakter-di-smp/, diakses 11 September 2023).
Suyanto. 2010. Urgensi Pendidikan Karakter, (online), (http://waskitamandiribk.wordpress.com/2010/06/02/urgensi-pendidikan-karakter/), diakses 11 September 2023).