ANALISIS UKBI (UJI KEMAHIRAN BAHASA INDONESIA) PADA SISWA SMA NEGERI 5 LUBUKLINGGAU
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan kegiatan UKBI (Uji Kemahiran Bahasa Indonesia) pada siswa SMA Negeri 5 Lubuklinggau. 2) Mendeskripsikan perbandingan skor UKBI (Uji Kemahiran Bahasa Indonesia) pada siswa X, XI dan XII SMA Negeri 5 Lubuklinggau. Berdasarkan hasil UKBI (Uji Kemahiran Bahasa Indonesia) tentunya akan memunculkan banyak permasalahan yang harus dipecahkan bersama agar hasil siswa lebih maksimal. Permasalahan tersebut harus dicarikan akar permasalahan melalui data hasil UKBI dan wawancara, sehingga didapat data yang falid. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif deskriptif dengan sumber data diperoleh dari siswa kelas X, XI dan XII SMA Negeri 5 Lubuklinggau. Analisis data menggunakan model interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga penarikan simpulan. Selanjutnya data dari hasil skor UKBI siswa SMA Negeri 5 Lubuklinggau dideskripsikan dan ditentukan rata-rata hasilnya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui hasil UKBI siswa SMA Negeri 5 Lubuklinggau dikategorikan Sangat Unggul, sehingga dapat diperoleh kesimpulan jika pemahaman bahasa Indonesia di sekolah sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan jika pelaksanaan UKBI di SMA Negeri 5 Lubuklinggau efektif pada siswa sehingga siswa dalam kategori baik dalam penggunaan bahasa Indonesia.
References
Kusumawati, I. (2019). Penanaman Karakter Nasionalisme Cinta Bahasa Indonesia pada Bulan Bahasa dan Sastra. Academy of Education Journal, 10(02), 131–141. https://doi.org/10.47200/aoej.v10i02.278
Luciana, O. (2022). Interelasi keterampilan bahasa Indonesia lisan dan tulisan bagi tenaga kerja asing di PT. XYZ Purwakarta. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(September), 336–350. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7076599
Mukti, W. I., Andayani, & Wardani, N. E. (2017). Pengajaran BIPA dan Tes UKBI dalam Upaya Menjaga Eksistensi Bahasa Indonesia di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula, 1, 911–916. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/issue/view/184
Rahadian, R., Candradewin, C., & Munajat, M. D. E. (2022). Komunikasi Dalam Implementasi Program Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (Ukbi) Di Balai Bahasa Jawa Barat. JANE - Jurnal Administrasi Negara, 14(1), 97. https://doi.org/10.24198/jane.v14i1.41270
Suprato, D. (2022). Pandangan Mahasiswa Terhadap Keefektifan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Komunikasi pada Lingkungan Kampus. … Seminar Nasional Bahasa, Seni, Dan Sastra, 1, 350–356. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinastra/article/view/6097%0A
Wedayanthi, Suandi, & Artawan. (2014). Efektivitas Pemakaian Bahasa Indonesia Dalam Karya Tulis Sehubungan Dengan Perolehan Skor Sesi Menulis Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (Ukbi) Pada Guru. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–10. http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_bahasa/article/view/1402
Yulianti, U. H., & Puspito, D. W. (2018). Pengembangan Perangkat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia Berbasis Aplikasi Android Sebagai Media Penguatan Pembelajaran Bahasa Indonesia. SeBaSa, 1(2), 63. https://doi.org/10.29408/sbs.v1i2.1035