PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRAGMATIK BERBASIS EXPERENTIAL LEARNING

  • Dian Ramadan Lazuardi Universitas PGRI Silampari
  • M Syahrun Effendi Universitas PGRI Silampari
  • Deserli Pajarada Wulan Rahmadan Universitas PGRI Silampari
  • Reza Mareta Permata Sari Universitas PGRI Silampari
Keywords: Kata kunci: bahan ajar, experiential learning, pragmatik.

Abstract

ABSTRAK

 

Pragmatik adalah mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh calon guru Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan beban sebanyak 2 SKS. Mengingat pentingnya mata kuliah ini bagi mahasiswa yang bertujuan untuk memberikan sejumlah pengetahuan dan wawasan dalam bidang pragmatik diperlukan sebuah bahan ajar yang mampu menunjang kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Pragmatik berbasis Experential Learning dan untuk mengetahui kevalidan dan keefektifan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (research and development) yaitu model Dick and Carey. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif tersebut digunakan untuk menganalisis data dan informasi pengembangan bahan ajar Pragmatik berbasis Experential Learning. Hasil validasi kebahasaan menunjukkan bahwa bahan ajar Pragmatik sangat valid untuk digunakan dengan perolehan angka 0,96. Kemudian hasil validasi penyajian dan kegrafikan diperoleh angka 0,80 dengan kategori valid. Sedangkan penilaian ahli isi/ materi diperoleh angka 0,75 berada pada kategori valid. Selanjutnya pada uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa bahan ajar Pragmatik praktis untuk digunakan dengan pesentase 72% dan uji coba pada kelompok besar menunjukkan bahwa bahan ajar Pragmatik praktis untuk digunakan dengan pesentase 93,20%.

 

References

Amri, S., & Ahmadi , L. K. (2012). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Aquami, Zainuri, A., & Saepulloh. (2021). Perencanaan Pembelajaran. Pasuruan: CV Penerbit Qiara Media .
Arifin, S., & Kusrianto, A. (2009). Sukses Menulis Buku AJAR & Referensi. Jakarta: PT Grasindo.
Danim, S. (2021). Multipedagogi (Pedagogi, Andragogi, Heutagogi, Paragogi, Sebergogi, dan Pedagogi Kritis). Depok: YP2S.
Daryanto. (2014). Pengembangan Perangkat pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Hermaji, B. (2021). Teori Pragmatik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Lazuardi, D. R., Murti, S., Rohman, A., & Sari, S. P. (2021). Pengembangan Modul Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Mahasiswa Semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di STKIP PGRI Lubuklinggau. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(2), 330-342. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i2.1286
Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi . Padang: Akademi Permata.
Majid, A. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mashudi. (2015). Inovasi Pembelajaran& Bahan Ajar Suatu Pendekatan Teknologi Pembelajaran. Jember: IAIN Jember Press.
Murti, S., Dewi, R., Sugiarti, A., & Aisyah, V. (2023). Pengembangan Modul Mata
Kuliah Media dan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Literasi Kritis di Universitas PGRI Silampari. Journal of Elementary School (JOES), 6(1), 31-42. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joes.v6i1.5083
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rohmadi, M. (2017). Pragmatik Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.
Supardi. (2020). Landasan Pengembangan Bahan Ajar Menuju Kemandirian Pendidik Mendesain Bahan ajar Berbasis Kontekstual . Mataram: Sanabil.
Widdowson. (2005). Linguistics. New York: Oxford University Press.
Wijana, D. P. (2014). Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi.
Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan . Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA) .
Yule, G. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zamzani. (2007). Kajian Sosiopragmatik. Yogyakarta: Cipta Pustaka.
Zohrani, & Rohini. (2022). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiental Learning) Pada Siswa Kelas II . Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi , 671-677.
Published
2023-12-30
How to Cite
Lazuardi, D., Effendi, M., Rahmadan, D. P., & Sari, R. M. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRAGMATIK BERBASIS EXPERENTIAL LEARNING. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 6(2), 26-42. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v6i2.2618