PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS NASKAH DRAMA BERBASIS CERITA RAKYAT MURATARA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI KARANG JAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar menulis naskah drama berbasis cerita rakyat Murtara pada siswa kelas X SMA Negeri Karangjaya yang valid dan praktis. Secara umum hasil indentivikasi awal, jika guru dan siswa masih menggunakan bahan ajar buku teks yang tidak berorientasi pada sastra lokal. Selain itu bahan ajar yang ada kurang menarik motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri Karang Jaya. Metode yang digunakan penelitian Research and Development (R&D) dan digunakan model Dick & Carey yang dibatasi sampai 8 tahap. a) analisis kebutuhan dan tujuan; b) analisis pembelajaran; c) analisis pembelajaran (siswa) dan konteks; d) merumuskan tujuan performansi; e) mengembangkan instrument; f) mengembangkan strategi pembelajaran; g) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran; h) merancang dan melakukan evaluasi formatif; i) melakukan revisi; j) evaluasi sumatif akan tetapi dalam penelitian ini dibatasi pada tahap evaluasi formatif. Berdasarkan hasil penelitian keseluruhan validasi terhadap bahan ajar, persentase yang diperoleh berjumlah 78,3 % dengan kategori valid. Rincian masing-masing persentase validasi adalah hasil validasi desain persentasenya berada di angka76% sehingga tergolong valid. Hasil validasi materi dengan persentase 80% berkategori valid, sedangkan validasi bahasa dengan persentase berjumlah 80% dalam kategori valid. Hasil ketiga validasi ini membuktikan bahwa bahan ajar yang dikembangkan oleh peneliti berkategori valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan jika bahan ajar menulis naskah drama berbasis cerita rakyat Musirawas Utara sudah sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa SMA Negeri Karang Jaya.
References
Arifin, Syamsul dan Kusrianto, Adi. 2009. Sukses Menulis Buku Ajar dan Referansi. Jakarta: PT Grasindo.
Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Endrasawara, S. (2011). Metode Pembelajaran Drama (Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian). Jakarta: CAPS.
Herawati, dkk. (2018). Analisis Struktural Naskah Drama Raja Galau. Jurnal Indonesian Language Education and Literature. 3(2):172-173.
Kosti, dkk. (2015). FosteringHistoricalEmpathy Through Drama-ineducation: A Pilot Study onSecondarySchoolStudents in Greece. International Journal of Drama Research. 3(1):7.
Mikaresti.P dan Yusra.D. (2018). Pengambangan Bahan Ajar Mata Kuliah Drama dengan Pendekatan berbasis Masalah. Jurnal: Pena. Vol.7, No. 2.
Nugroho, A. (2018). Unsur Pembangun Naskah Drama Gentayu Ulak Dalam Karya Rusmana Dewi. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajaran). 2(1).
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogyakarta: Diva Press.
Rusdi, M. 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Depok: Raja Grafindo Persada.
Setyosari, P. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Pranadamedia Group.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Yaumi, M. 2013. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada