PENGEMBANGAN MODUL AJAR TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT SEBAGAI MEDIA EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS X
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagimana kelayakan mudul ajar menggunakan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi hasil belajar siswa dan bagaimana respon peserta didik terhadap modul ajar yang akan dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian pengembangan instrumen tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan angket. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, angket respon penilaian peserta didik dan analisis butir soal. Hasil validasi dari ahli materi mendapatkan perolehan rata-rata sebesar 4,2 dengan kriteria baik. Hasil validasi dari ahli bahasa mendapatkan perolehan rata-rata sebesar 3,9 dengan kategori baik. Validitas dari hasil uji coba diperolah uji coba pertama dengan soal post test, reliabilitas yang diperoleh pada tahap pertama sebesar 65,1% dengan kategori cukup. Pada penilaian peserta didik memperoleh persentase akhir sebesar 88,1% dengan kriteria sangat baik. Disimpulkan bahwa modul ajar teks eksposisi menggunakan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi hasil belajar siswa yang dikembangkan sangat layak sebagai media evaluasi yang baik digunakan dalam pembelajaran teks eksposisi.
References
https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/656
Ambarwati, S. W., & Leksono, I. P. (2023). Pengembangan Modul Ajar Menulis Teks Eksposisi Berbasis WISER Habit bagi Siswa SMA. 7(3), 369–383.
Hannawita, E., Sembiring, B., & Listiani, T. (2023). Game Based Learning Berbantuan Kahoot ! Dalam Mendorong Keaktifan. 06(01).
Kusumawardani, S., & Imawati, S. (2020). Evaluasi Penggunaan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar ( SD ) Pada Guru. 4, 186–191.
Kuswandi, D., & Wedi, A. (2023). Pengembangan Desain Pembelajaran. 5(4), 349–358.
https://doi.org/10.17977/um038v5i42022p349
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Utami Maulida. 5(2), 130–138.
Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. 3, 123–133.
Ulfaria. (2021). Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Ips Kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Tajinan Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran IPS.