PENGARUH TES PENGETAHUAN AWAL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN STRUKTUR KALIMAT SISWA KELAS VIII MTsN2 DELI SERDANG

  • Raudahtul Sarifah Lubis Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Ahmad Laut Hasibuan Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: tests prior knowledge, sentence structure, reading comprehension.

Abstract

This research raises the issue of whether there is an influence of the initial knowledge test on the reading comprehension and sentence structure skills of class VIII students at MTs Negeri 2 Deli Serdang in the 2023/2024 academic year? The aim of this research is to determine the effect of the initial knowledge test on the reading comprehension and sentence structure skills of class VIII students at MTs Negeri 2 Deli Serdang. The method used in this research is an experimental method with a simple 2 x 2 factorial design. The population in this research is the entire class VIII of MTs Negeri 2 Deli Serdang, totaling 352 people spread across 11 classes with a research sample of 80 students taken at random. The instrument used is an objective test consisting of 20 multiple choice questions, with a scoring technique that if 1 is correct, a score of 5 is given. So the highest score is 100 and the lowest is 5. The results of the research show that there is an influence of the initial knowledge test on reading comprehension skills and making sentence structures. Class VIII students at MTs Negeri 2 Deli Serdang, with the results of ANOVA calculations obtained Fcount = 6.32 and Ftable = 4.00 at a significance level of 0.05. This shows that Fcount > Ftable. Thus, the hypothesis is accepted. In this way, there is an influence of the initial knowledge test on the reading comprehension and sentence structure skills of class VIII students at MTs Negeri 2 Deli Serdang.

References

Aidid, Erawan. Meningkatkan Prestasi Belajar melalui Metode Resitasi. Cet. I; Pucangrejo: CV Bayfa Cendekia Indonesia, 2020.
Arikunto, Suharsimi. Instrumen Penelitian. Cet. VI; Jakarta: Rineka Cipta, 2001.
Budiarto, Eko. (2004). Metodelogi Penelitian Kedokteran: Sebuah pengantar. Jakarta: Perpustakaan Nasional.
Chaer, Abdul. Linguistik Umum. Jakarta. Rineka Cipta, 2012.
Gunawan, Ary. 2002. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Hadikusomo,
Kunaryo,dkk. 1996. Pengantar Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.
Greadler, Margaret E. Bell. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: Rajawali Gulo,W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Putrayasa, Ida Bagus. 2012. Tata Kalimat Bahasa Indonesia. Bandung: PT Refika
Aditama.
Rosdakarya. Winarno Surakhmad. 1992. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar Metode dan Teknik. Bandung: Tarsito.
Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Menbaca. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sudjiono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, Suharjono, Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara. Sukandarrumidi. Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis
untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2004.
Sulfikar. 2014. Struktur Kalimat Tanya dalam Rubrik Tribun Lipsus pada Harian Tribun Timur. Makassar: Universitas Hasanuddin Makassar.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Amaliyah, Fitri. 2015. Pemberian Tes Pengetahuan Awal Siswa dalam Pembelajaran Fisika (Studi Komparatif Hasil Belajar Fisika Antara Siswa yang Diberi Tes Pengetahuan Awal Dengan Siswa yang Tidak Diberi Tes Pengetahuan Awal Pokok Bahasan Bunyi pada Siswa Kelas II Semester 3 di SLTPN 3 Jember).Jawa Timur : Universitas Jember.
Handayani, Veronika Tri. 2015. Pengaruh Pengetahuan Awal, Kedisiplinan Belajar, dan Iklim Komunikasi Kelas terhadap Hasil Belajar Produktif Akuntansi Siswa Kelas
XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 3 Bangkala. Jawa Timur: Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan.
Juhana,dkk. 2022. Hubungan Penguasaan Struktur Kalimat dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas V s.d. Volume 11 nomor 1 Februari 2022. Jakarta: Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Nirmala. 2022. Problematika Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa di Sekolah Dasar. Jawa Barat: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Pamungkas, Aan Subhan. 2017. Peranan Pengetahuan Awal dan Self Esteem Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa. Jawa Tegang:Univesitas Sultan Agung. Jurnal Matematika Kreatif- Inovatif.
Sumarto, Hadi. 2015. Efektifitas Pengetahuan Awal (Prior Knowledge) dalam pengajaran membaca (reading) bahasa inggris. Pekalongan: PBI FKIP Universitas Pekalongan.

Sumiyati. 2009. Meningkatkan Kemampuan Menyusun Struktur Kalimat Berbasis EYD Melalui Metode Maternal Reflektif Bagi Anak Tunarungu di Kelas D5 SLB-B YAAT Klaten Tahun Pelajaran 200802009. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Susilo, Sigit Vebrianto. 2015. Metode Pembelajaran Pengetahuan Awal Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jawa Barat: Universitas Majalengka.
Published
2024-06-21
How to Cite
Lubis, R., & Hasibuan, A. (2024). PENGARUH TES PENGETAHUAN AWAL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN STRUKTUR KALIMAT SISWA KELAS VIII MTsN2 DELI SERDANG. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 7(1), 170-182. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v7i1.2697