ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BUKU GURU GLADHI JAWI KELAS 7 BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK GURU BAHASA JAWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan pengembangan buku guru Gladhi Jawi Kelas 7 berbasis problem based learning untuk guru bahasa Jawa. Saat ini belum ada buku guru yang dikembangkan khusus untuk mata pelajaran bahasa Jawa di sekolah. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Proses pengambilan data melalui penyebaran angket dan wawancara dengan 5 guru bahasa Jawa di sekolah yang berbeda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 77,14% guru bahasa Jawa di Kabupaten Sidoarjo membutuhkan pengembangan buku guru sebagai pedoman pembelajaran. Buku guru yang dikembangkan diharapkan memuat 1) sumber ajar yang mudah diakses oleh siswa dan guru, 2) model pembelajaran yang sesuai untuk peserta didik, 3) teks multimoda yang bisa menjadi materi ajar, 4) materi ajar yang bisa diakses saat fasilitas sekolah terbatas, 5) model pembelajaran yang membiasakan siswa berkolaborasi, interaktif, bernalar kritis, dan menumbuhkan percaya diri.
References
Duch, B.J., Groh, S.E., dan Allen, D.E. (2001). Why Problem-Based Learning: A Case Study of Institutional Change in Undergraduate Education. Dalam B.J. Duch, S.E. Groh, dan D.E. Allen (Eds): The Power of Problem Based Learning. Virginia, Amerika: Stylus Publishing.
Gusmaningsih, I. O., Azizah, N. L., Suciani, R. N., & Fajrin, R. A. (2023). Strategi Refleksi dan Evaluasi Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2).
Jayanto., Sentot., & Firnadi, A. (2023). Peran Buku Guru Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti di Kecamatan Gangga Lombok Utara. Jurnal Nyanadasana: Jurnal Penelitian, Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan, 2 (2), 103-111. DOI: http://doi.org/10.59291/jnd.v2i2.40
Magdalena, I., Elyipuspita, M., & Irmawati, N. (2023). ANALISIS PROSES PEMBUATAN TUJUAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SDN PONDOK JENGKOL. 3, 362–369. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i3
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). ANALISIS BAHAN AJAR. In Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 2, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Nisa, K., Nursyahidah, F., Saputra, H. J., & Junaidi, A. (2023). Model Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 948–955. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4831
Noorjannah, L. (2015). PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU PROFESIONAL DI SMA NEGERI 1 KAUMAN KABUPATEN TULUNGAGUNG.
Purnomo, H., & Wilujeng, I. (2016). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DAN INSTRUMEN PENILAIAN IPA TEMA INDAHNYA NEGERIKU PENYEMPURNAAN BUKU GURU DAN SISWA KURIKULUM 2013. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 67–78. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/7697
Rahmadani, A., Ariyanto, A., Shofia Rohmah, N. N., Maftuhah Hidayati, Y., & Desstya, A. (2023). MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MEDIA PERMAINAN MONOPOLI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 127–141. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.1415
Sadiah, L. H., Juandi, D., & Herman, T. (2023). Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah program linear: sistematik literatur review. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6 (4), 1523-1536. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17639
Susanti, H., Fadriati, F., & Asroa, I. (2023). Problematika implementasi kurikulum merdeka di SMP Negeri 5 Padang Panjang. ALSYS, 3(1), 54-65. https://doi.org/10.58578/alsys.v3i1.766
Siswondo, R., & Agustina, L. (n.d.). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Matematika.
Sodikin, H., Sukandar, A., & Setiawan, M. (2022). Management of Teacher Pedagogical Competence Development in an Effort to Improve The Quality of The Process PAI Learning Manajemen Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Upaya Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran PAI. In The Journal of Educational Research (Vol. 2, Issue 1). http://journal.medpro.my.id/index.php/edukasi
Yanti, A. Y. (2018). KEMAMPUAN GURU DALAM MERUMUSKAN TUJUAN PEMBELAJARAN PPKN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SUKOHARJO. In Seminar.
Yulianti, U., Julia, J., & Febriani, M. (2022). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru pada Pelaksanaan Blended Learning. Jurnal Basicedu, 6(2), 1570–1583. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2164
Warsono & Haryanto. 2013. Pembelajaran Aktif Teori dan Assesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.