PENGENALAN BUDAYA SUMATERA UTARA (ULOS BATAK TOBA) MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA EDUKATIF SEBAGAI BAHAN AJAR BIPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan sebagai bahan ajar BIPA tentang Ulos Budaya Batak Toba Provinsi Sumatera Utara melalui permainan ular tangga edukatif. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka yaitu Internet searching dengan mengkaji beberapa artikel pada jurnal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh simpulan bahwa kain ulos merupakan kerajinan tenun khas Batak Toba Sumatera Utara, kain ulos yang mempunyai ragam jenis, makna dan fungsi yang berbeda dalam setiap pengunaannya. yang dimana didalam nya permainan ular tangga edukatif sebagai media belajar yang digunakan pemelajar BIPA. Ular Tangga Edukatif merupakan permainan yang dikembangkan dari permainan ular tangga biasa menjadi jenis permainan yang memiliki nilai edukasi. Dalam belajar bahasa Indonesia , pemelajar BIPA Sekaligus belajar Budaya masyarakat Batak Toba . Dengan demikian proses belajar mengajar dapat lebih efektif sesuai dengan tujuan pemelajar BIPA dan tujuan pembelajaran.
References
Fahmi, N. K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Bermuatan Budaya Lokal Bagi Mahasiswa Asing di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.
Hasibuan, R. A., & Rochmat, S. (2021). Ulos sebagai Kearifan Budaya Batak Menuju Warisan Dunia (World Heritage). Patra Widya: Seri Penerbitan Penelitian Sejarah dan Budaya., 22(3), 307-320.
Lestari, I. C. (2021). Penerapan Media Permainan Ular Tangga terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 79-87
Lia, N. S. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Berbasis Virtual Bernuansa Adat Lampung Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Nugrahani, R. (2007). Media pembelajaran berbasis visual berbentuk permainan ular tangga untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1).
Prilili A. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Games Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA 2 SMAN Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singigi . Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam Riau Pekanbaru
Samudro, K. H. (2020). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Edukatif (Ultadu) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Peserta Didik Kelas V Sd Negeri Puren. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 9(3), 293-304.
Sari, D. E., & Ansari, K. (2021). Pengembangan bahan ajar BIPA bermuatan budaya Sumatera utara berbantuan media audio visual bagi tingkat pemula. Kode: Jurnal Bahasa, 10(1)
Sitohang, D. H., Siregar, A., & ayu Nurhidayati, S. (2023). Sejarah dan Makna Ulos Batak Toba. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 11(2), 27-34
Suyitno, I. (2015). Pemahaman Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). In Prosiding Seminar Internasional Menjadikan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Internasional, Malang, Indonesia.
Tiurma, T., Supadmi, T., & Lindawati, L. (2020). Ragam Jenis Dan Fungsi Kain Tenun Ulos Batak Toba Di Desa Pintu Batu Kecamatan Silaen Kabupaten Toba Samosir. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Seni, Drama, Tari & Musik, 5(4).
Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68-73
Wahyu, R., Tambunan, D. U. M. P., Saragih, Y. V., & Syahfitri, D. Semiotika Ulos dalam Upacara Kematian Adat Batak Toba di Kecamatan Siborongborong. Jurnal Basataka, 4(2), 147-152.
Wardhana, W. S. (2022). Pengembangan bahan ajar menulis teks narasi pengalaman inspiratif dengan pendekatan kontekstual bagi pelajar bipa tingkat madya (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Yesha Whinda, N. S. (2011). Analisis Semiotika Makna Pesan Sosial Yang Terkandung Dalam Motif Kain Ulos Batak Toba (Doctoral dissertation, UPN" Veteran" Yogyakarta).
Yuningsih, E. (2019). UTE (Ular Tangga Edukatif): Permainan Edukatif Matematika Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Menciptakan Penunjang Pembelajaran yang Menyenangkan dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1), 36-41.