THE USAGE OF EXPRESSIONS AND LOCAL PHRASES IN BAHASA INDONESIA GRAMMAR DEVELOPMENT OF JUNIOR HIGH SCHOOL

  • Friska Ria Sitorus Universitas Prima Indonesia
  • Azwir Kartono Universitas Prima Indonesia
  • Zulfikar . Universitas Prima Indonesia
  • Surya Ningsih Ambarita Universitas Prima Indonesia
  • Roniati . Universitas Prima Indonesia
Keywords: Ungkapan dan Frasa Lokal, Pembelajaran Ketatabahasaan

Abstract

Tujuan artikel ini adalah untuk mengulas pendekatan inovatif dalam pengembangan pembelajaran ketatabahasaan untuk siswa SMP melalui pemanfaatan ungkapan dan frasa yang mencerminkan keberagaman budaya Indonesia. Hal ini untuk menghormati dan memperkaya warisan nenek moyang serta memperkuat identitas budaya lokal siswa. Melibatkan siswa dalam konten yang merefleksikan kekayaan budaya lokal diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap bahasa Indonesia dan memperkukuh rasa kebanggaan terhadap identitas budaya mereka. Penelitian ini menerapkan metode pembelajaran yang merangsang pemahaman dan keterampilan ketatabahasaan siswa dengan memanfaatkan materi yang mencakup ungkapan dan frasa budaya. Selain itu, siswa juga diberikan kesempatan untuk memahami struktur bahasa secara mendalam, sambil merasakan kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia. Penelitian ini menemukan bahwa pemanfaatan konten budaya dapat meningkatkan pemahaman ketatabahasaan siswa dan memperkuat rasa cinta terhadap kekayaan budaya Indonesia. Melalui artikel ini sekolah-sekolah dapat menerapkan pendekatan yang serupa untuk memperkaya pembelajaran siswa dan memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan identitas budaya siswa sebagai bagian integral dari warisan  nenek moyang

References

Abriani, W. D. (2022). Penggunaan Frasa Dalam Karangan Siswa Sma Kelas Xi Sma Kartika Wirabuana Xxi Makassar. Journal of Educational and Language Resear, 939-946. 1(7). https://doi.org/10.53625/joel.v1i7.1484
Firdaus. (2018). Pengaruh Penguasaan Ragam Bahasa Kritik dan Kalimat Efektif terhadap Pembelajaran Menulis Teks Resensi. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 39-51. 1(1). doi10.30998/diskursus.v1i01.3512
Khairunnisa, A. Z., Rahmadani, R. D., Virdos, N. S., & Utomo, A. P. (2022). Analisis Pemakaian Frasa Pada Cerpen “Rumah Yang Terang” Karya Ahmad Tohar. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 102-118. 1(1). https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i1.116
Kridalaksana, Harimurti. 1985. Fungsi Bahasa dan Sikap Bahasa. Ende Flores: Nusa Indah.
Liliweri, Alo. 2004. Dasar-dasar Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Misriyati, A., & Pranowo, A. (2019). Implementasi Kearifan Lokal dalam Pembentukan Karakter Bangsa di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), 167-173.
Niswariyana, A. K., Untari, T., Supratman, Darmurtika, L. A., & Bilal, A. I. (2020). Sosialisasi Dan Pengajaran Tentang Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar Berdasarkan Etika Kesantuan Berbahasa Pada Anak Didik Di Yayasan Tanah Bintang Desa Kerandangan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 674-677. 4(1). https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3373
Richard, et al. 1985.Longman Dictionary of Apllied Linguistict.
Widada. Ed 1995. Kondisi Bahasa Jawa Dan Pemanfaatanya Sekarang Dan Masa Depan Dalam Pusran Bahasa Dan Sastra Jawa. Yogyakarta: Balai Penelitian Bahasa
Published
2024-06-21
How to Cite
Sitorus, F., Kartono, A., ., Z., Ambarita, S., & ., R. (2024). THE USAGE OF EXPRESSIONS AND LOCAL PHRASES IN BAHASA INDONESIA GRAMMAR DEVELOPMENT OF JUNIOR HIGH SCHOOL. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 7(1), 89-100. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v7i1.2743