PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS FABEL PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SDS AL-HIRA PERMATA NADIAH MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar fabel untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 6 tahapan yaitu pengumpulan informasi, analysis, design awal, validasi prototipe, revisi prototipe, dan produk akhir. Hasil dari penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar fabel pada pembelajaran bahasa indonesia bagi peserta didik. Dari hasil uji coba kelompok kecil para peserta didik sangat senang mengikuti pembelajaran menggunakan teks fabel, dan hasil wawancara guru kelas IV yaitu guru sangat menyukai proses pembelajaran yang dilakukan, saat uji coba siswa sangat antusias saat mengikuti pembelajaran. Berdasarkan proses pengembangan mulai dari validasi materi, penyajian, serta validasi kebahasaan hingga hasil uji coba kelompok kecil, secara keseluruhan disimpulkan bahwa produk bahan ajar fabel ini sangat baik digunakan. Selanjutnya hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar fabel pada pembelajaran bahasa Indonesia efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
References
Andi Prastowo (2015) Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana, 195.
Andi Prastowo (2017) Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, hlm. 17
Andi Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, (Yogyakarta: Diva Press, 2012),
Astuti, N. M., Sumantri, M. P., & Sudarma, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Kecamatan Buleleng. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2
Cecep Kustandi dan Daddy Darmawan (2020) Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Dewi G,H , Suwignyo H , Maryaeni (2018) Bahan Ajar Menulis Teks Fabel Bermuatan Nilai Kehidupan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 3 Nomor: 8 Bulan Agustus Tahun 2018 Halaman: 1032—103. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ EISSN: 2502-471X DOAJ-SHERPA/RoMEO-Google Scholar-IPI
Eliya, Ixsir. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Interaktif Berwawasan Kebangsaan Tinjauan Teoritis dan Praktis, Bengkulu: Bramedia Global.
Fitri Erning Kurniawati, “Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah”, Jurnal Penelitian, Vol. 9 No. 2 (Agustus 2015),
Gustiwati, (2019) Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Fabel di Kelas Awal Integrasi Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 19 No.2November 2019; pp. 151 P-ISSN: 1411-4585 E-ISSN: 2549-6743. DOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v19i2.661
Juanda (2018) Eksplorasi Nilai Fabel sebagai Sarana Alternatif Edukasi Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Volume 18, Nomor 2, Oktober 2018, pp. 294 – 303 p-ISSN 1412-0712, e-ISSN 2527-8312, DOI: http://dx.doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v18i2.15517
Izzati Ismi (2023) Analisis Ketersediaan Bahan Ajar Teks Fabel Serta Pemanfaatannya dalam Mendesain Bahan Ajar Teks Fabel di SMP. Seminar Nasional Literasi Pedagogi (SRADA) III, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal Tegal, 02 Maret 2023
Ida Sari Rahmawati, Roekhan, “Nurchasanah, Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Fabel dengan Macromedia Flash Bagi siswa SMP” Jurnal Pendidikan I, no. 7 ( 2016), h. 1
Imam Syafei, “Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Problem Based Learning Untuk Menangkal Radikalisme Pada Peserta Didik SMA Negeri di Kota Bandar Lampung”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol.10 No. 1 (2019),
Indri Lestari, jurnal: “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Memanfaatkan Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep” , GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Pelita Pratama, 1.1 (2018), h. 29-30
Komalasari, K. & Saripudin, D. (2017). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Bandung: PT Refika Aditama.
Lestariningsih, N., & Suardiman, S. P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Integratif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter Peduli dan Tanggung Jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 86–99. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15503
Liasari, D. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik Dalam Menentukan Unsur Intrinsik Dongeng Pada Tema Menyayangi Hewan Dan Tumbuhan Subtema sManfaat Hewan Bagi Kehidupan Manusia Di Kelas III SD Negeri 1 Muara Enim. Universitas Sriwijaya, 22.
Reza M, Hudiyono Y, Yahya M (2020) Development of Writing Fable Teaching Material with Synectic Model for Seventh Graders Students of SMP Muhammadiyah 1 Balikpapan. Diaglosia Volume 3 Nomor 2 Hal 179-188, P-ISSN 2615-725X, E-ISSN 2615-8655. http://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/45
Resa Awahita (2019) , Tulisan Bersama Tentang Desain Pembelajaran SD, (Sukabumi: CV Jejak, 2019
Reni Gustiawati, Darnis Arief, Ahmad Zikri (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN CERITA FABEL PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 2 April 2020 Hal. 355- 360. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Sulistyorini, D. (2014). Kriteria Pemilihan Materi Ajar Teks Moral/Fabel Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional TEQIP (Teachers Quality Improvement Program), 627-633.
Manur Musclich 92016), Text Book Writing (Yogyakarta: Ar-ruz Media, 2016)
Muda, F. R. (2018). Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan. In Nilai Pendidikan dalam Cerita Fabel dan Peranannya dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Makasar.
Miranda, D. (2018). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kreativitas AUD. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10 (1), 18 -30
Nurgiantoro, B. (2016). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Nusa Putra (2015) Research and Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015 )
Jackson, M. M., & Heath, M. A. (2017). Preserving Guam’s culture with culturally responsive children’s stories. School Psychology International, 38(5), 458–472. doi:10.1177/0143034317719944
Vizyonlar, G. (2018). Erol DURAN, Ertuğrul ERCAN, “The Fabels and their Importance in Value Education.” fvj: Future Visions Journal) 2(1), 31-43, DOI: 10.29345/futvis
Yuliana. “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Bahan ajar Dalam Perkembangan Moral Anak Usia Dini Taman Kanak-kanak Islamiyah Desa TAnjung Raja,” (Skripsi S1 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2018), h, 2
Lara Febriana Aziz (2017) ”Peningkatan keterampilan Menulis Fabel Menggunakan Media Gambar Seri Siswa Kelas VII.A SMP 2 Kediri,” (Skripsi S1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, 2017), h. 2
Lilis madyawati,stratei pengembangan bahasa pada anak,( jakarta,prinada media,2016 )Sugiono (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta CV, 2017), h. 297
Takayomi, Kinshasa Junia. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Literasi Membaca dan Karakter Disiplin untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta
Utami, R. R., Putri, N. I., & Nugraha, C. (2018). Buku Pengayaan Cerita Anak Dwi Bahasa Bermuatan Budaya Semarangan: Potensi dan Prinsip Pengembangannya. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(1), 65 -74.
Yono, S.(2014). Nilai edukasi dalam fabel Sentani. Jurnal Kandai, 10(1),102-11
Nurul Huda Panggabean dan Amir danis (2020) Desain Pengembangan Bahan Ajar Sains. Medan: Yayasan Kita Menulis
Nana (2020) Pengembangan Bahan Ajar. Jawa Tengah : Lakeish