OPTIMALISASI MODEL PEMBALAJARAN STAD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR DRAMA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS PGRI SILAMPARI

  • Agung Nugroho STKIP PGRI Lubuklingga https://orcid.org/0009-0006-1898-0440
  • Inda Puspita Sari Universitas PGRI Silampari
  • Cekman Cekman Universitas PGRI Silampari
Keywords: STAD, unsur drama, mengidentifikasi

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur drama pada mahasiswa Universitas PGRI Silampari melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Subjek penelitian berjumlah 20 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non-tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur drama. Pada tahap pratindakan, jumlah mahasiswa yang tuntas sebanyak 7 orang (35%), sedangkan yang belum tuntas 13 orang (65%). Setelah pelaksanaan siklus I, jumlah mahasiswa yang tuntas meningkat menjadi 14 orang (70%) dengan nilai rata-rata 71,5. Pada siklus II, jumlah mahasiswa yang tuntas meningkat lagi menjadi 17 orang (85%) dengan nilai rata-rata 72,5, sedangkan mahasiswa yang belum tuntas berjumlah 3 orang (15%). Dengan demikian, penerapan model pembelajaran STAD terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur drama pada mahasiswa Universitas PGRI Silampari serta menjadikan pembelajaran Bahasa Indonesia lebih menyenangkan, kreatif, dan inovatif.

References

Alma, B. (2010). Menguasai metode dan terampil mengajar. Bandung: Alfabeta.
Cahyani, N. (2021). Upaya Irmas Nurul Huda untuk meningkatkan partisipasi remaja dalam kegiatan pengajian di Desa Sindang Jawa Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan. Jurnal Pendidikan Islam.
Fathurrohman. (2015). Model-model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hasanuddin, W. S. (2019). Drama karya dalam dua dimensi. Bandung: Angkasa.
Humaira, P., & Syamsuyurnita. (2024). Pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi Wattpad terhadap keterampilan menulis teks drama. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 1841–1851.
Isha, U. I., Nurhikma, Hambali, H., & Hasan. (2024). Model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jurnal Dosen Pencerah Semesta, 4(1), 348–363.
Lathifah, L., Lestari, H., Agustina, J., & Apriliani, Y. (2024). Upaya peningkatan keterampilan bermain drama dengan menggunakan teknik Oscar Brocket. Jurnal Sains Student Research, 5(1), 80–86.
Susanti, R. Y. (2024). Penggunaan teknik Oscar Brocket dalam meningkatkan keterampilan bermain drama. Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, 6(1), 12–26.
Syafika, S., & Lestari, H. (2024). Peningkatan keterampilan dalam bermain drama menggunakan teknik Oscar Brocket. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(1), 47–55.
Wagiran. (2012). Penyusunan proposal dan laporan penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: UNY Press. (ditambahkan penerbit agar sesuai APA).
Widiyatmoko, I. R. (2024). Pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan alat peraga manipulatif terhadap kemampuan pemahaman konsep. Jurnal Prisma, 10(2), 676–683.
Published
2025-06-27
How to Cite
Nugroho, A., Sari, I., & Cekman, C. (2025). OPTIMALISASI MODEL PEMBALAJARAN STAD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR DRAMA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS PGRI SILAMPARI. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 8(1), 1-10. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v8i1.3543