PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN PEMENTASAN DRAMA BAGI MAHASISWA PRODI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterlibatan dan antusiasme mahasiswa dalam pembelajaran pementasan drama yang cenderung bersifat konvensional dan kurang memanfaatkan teknologi. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran menjadi kurang menarik dan tidak mampu mengakomodasi gaya belajar mahasiswa yang beragam. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis digital yang dapat digunakan dalam pembelajaran pementasan drama bagi mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif menggunakan skala Likert dan secara kualitatif melalui analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis digital yang dikembangkan dinilai sangat layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli media dengan skor rata-rata 89 (kategori “Tinggi”). Uji kepraktisan yang melibatkan dosen dan mahasiswa menunjukkan skor rata-rata 89 (kategori “Sangat Praktis”). Sedangkan uji keefektifan melalui perbandingan hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan dengan skor rata-rata N-Gain sebesar 0,85 (kategori “Tinggi”). Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis digital dalam pembelajaran pementasan drama ini dinyatakan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang seni pertunjukan drama.
References
Arsyad, A. (2021). Media pembelajaran. Rajawali Pers.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer.
Dilasetiara, R. (2019). Media interaktif pengenalan karakter wayang Pandawa dengan metode talking stick pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Jatisari Semarang. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 105–115.
Djamaluddin, & Wardana, W. (2019). Strategi pembelajaran inovatif. Alfabeta.
Febriandi, D. (2019). Evaluasi instrumen pembelajaran. Alfabeta.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional media and technologies for learning (7th ed.). Merrill Prentice Hall.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press.
Mulyani, R. (2021). Peningkatan kompetensi mahasiswa dalam pementasan drama melalui media digital. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 34-45.
Mutangalimah. (2020). Wayang sebagai media edukasi anak. Deepublish.
Semi, A. (2012). Strategi pengajaran sastra. Rajawali Pers.
Tarigan, H. G. (1986). Pengajaran sastra. Angkasa.