BAHASA DALAM MASA KRITIS: TINJAUAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK
Abstract
Anak usia awal mengalami perkembangan yang cenderung cepat pada berbagai aspek karena sedang ada di Masa usia dini merupakan periode emas dalam perkembangan anak, termasuk dalam aspek linguistik. Kemampuan anak dalam mengenal dan menggunakan ragam bahasa Indonesia tidak terbentuk secara instan, melainkan melalui proses pemerolehan bahasa yang kompleks dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana faktor-faktor psikologis dan lingkungan sosial berkontribusi dalam perkembangan ragam bahasa pada anak usia awal. Dengan menggunakan metode kualitatif melalui studi kepustakaan, kajian ini menemukan bahwa perkembangan kognitif, keterlibatan orang tua, interaksi dengan lingkungan budaya, serta hubungan dengan teman sebaya memiliki peran penting dalam merangsang dan membentuk kemampuan berbahasa anak. Melalui proses observasi, imitasi, dan pengulangan, anak mulai mengakuisisi ragam bahasa yang digunakan di sekitarnya. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya stimulasi bahasa yang kaya dan kontekstual dalam mendukung tumbuh kembang linguistik anak sejak usia dini.
References
Al-Rasyid, A. A. M., & Siagian, I. (2023). Struktur Bahasa Indonesia dan Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Dini. Innovative: Journal Of Social Science …, 3, 6262–6274. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2840
Anggraini, N. (2021). Peran Orang Tua dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pembelajaran Dan Bahasa, 7(1), 43–54. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.883
Ardiana, R. (2022). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak Kanak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.116
Azhari, F., Kurnia, A., & Muftie, Z. (2020). Hubungan Antara Kemampuan Berbicara Anak dengan Komunikasi Teman Sebaya. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(1), 26–35. https://doi.org/10.15575/japra.v3i1.8103
Azzahroh, P., Sari, R. J., & Lubis, R. (2021). Analisis perkembangan bahasa pada anak usia dini di wilayah Puskesmas Kunciran Kota Tangerang tahun 2020. Journal for Quality in Women’s Health, 4(1), 47. https://doi.org/10.30994/jqwh.v4i1.104
Chaer, A. (2012). Linguistik umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Damayanthi, N. P. D., Silalahi, D. A., & Putra, M. J. N. D. (2023). Ragam Bahasa Mahasiswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring di ITB Stikom Bali. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(19), 4777–4786.
Dana Handika, K., Km Sudarma, I., & Nym Murda, I. (2019). Analisis Penggunaan Ragam Bahasa Indonesia Siswa dalam Komunikasi Verbal. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 358–368.
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.
Depdiknas. (2003). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ekklesia, P. S., Daud, M. A., Linarsih, A., Marmawi, M., & Yuniarni, D. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kristen Immanuel Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(1), 52–64. https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i1.3942
Gustina, H. (2018). Teori-teori psikolinguistik berdasarkan pandangan para ahli. 123Dok, 1–10.
Handika, K. D., Sudarma, I. K., & Murda, I. N. (2019). Analisis Penggunaan Ragam Bahasa Indonesia Siswa dalam Komunikasi Verbal. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 358-368.
Hurlock, E. B. (2011). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Edisi 5). Jakarta: Erlangga.
Lesmana, H. (2024). Interaksi teman sebaya dan perkembangan sosial anak. Jurnal Psikologi Pendidikan, 12(1), 44–56.
Maulana Maslahul Adi, H. (2020). Teori Belajar Behaviorisme Albert Bandura Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 10(1), 22. https://doi.org/10.22373/ls.v10i1.7803
Mardison, A. (2017). Bahasa gaul dan identitas remaja. Jurnal Komunikasi dan Bahasa, 8(2), 77–89.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nuraeni, L. (2015). Pemerolehan Morfologi (Verba) Pada Anak Usia 3, 4 Dan 5 Tahun (Suatu Kajian Neuro Psikolinguistik). Tunas Siliwangi, 1(1), 21.
Nuryani. (2020). Bahasa formal dalam komunikasi pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 22(3), 210–218.
Papalia, D. E. (2008). Human development (11th ed.). New York: McGraw-Hill.
Pardede, J. (2014). RAGAM BAHASA. Jurnal Bahasa Asing, 10(10), 53.
Paujiah, T. S., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Peran Lingkungan Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Serta Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(1), 103–122. https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.821
Pratomo, H. T. A., & Muryanti, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Ketrampilan Awal Literasi Anak. Interest : Jurnal Ilmu Kesehatan, 9(2), 192–200. https://doi.org/10.37341/interest.v9i2.251
Rizqina, A. A., Saddhono, K., & Suhita, R. (2023). Analisis Ragam Bahasa Guru dan Siswa dalam Interaksi Kelas di SDN 1 Kabunderan. Research in Education and Technology (REGY), 1(2), 125–131. https://doi.org/10.62590/regy.v1i2.69
Safri Mardison. (2017). PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA SEKOLAH DASAR/ MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI). Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 7(2). https://cursa.ihmc.us/rid=1R440PDZR-13G3T80-2W50/4. Pautas-para-evaluar-Estilos-de-Aprendizajes.pdf
Salis Khoiriyati & Najib Fansurullah. (2019). Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. 1, 1–13.
Suciati, S. (2018). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 358. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3480
Sugiyono, S. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan
R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.
Suharyanti. (2020). Lingkungan pendidikan dan pemerolehan bahasa anak usia
dini. Jurnal Cakrawala Pendidikan Anak, 6(2), 122–131.
Tarigan, H. G. (2015). Pengajaran keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa